Sempetupa Competition, Untuk Memotivasi Talenta, Bukan Tahapan PPDB -->

Iklan Atas

Sempetupa Competition, Untuk Memotivasi Talenta, Bukan Tahapan PPDB

Minggu, 12 Februari 2023
Antusias peserta Sempetupa Competition XVIII Tahun 2023


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Secara tegas, Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra mengklarifikasi sebaran isu yang beredar, bahwa ikut perlombaan yang digelar SMPN 1 Payakumbuh bisa dapat tiket untuk PPDB nantinya.


Penegasan itu disampaikannya disela iben Sempetupa Competition XVIII Tahun 2023, Minggu (12/02/2023) siang.


"Sempetupa Competition 2023, dimana kegiatan ini merupakan ajang lomba bergensi di SMPN 1 yang diikuti oleh siswa kelas VI SD/MI tingkat Sumbar. Perlombaan ini hanya untuk memotivasi semangat bertanding siswa. Bagaimana SMPN 1 Payakumbuh bisa mewadahi talenta mereka. Sempetupa Competition adalah agenda rutin tahunan kita di SMPN 1 Payakumbuh, yang dikelila OSIS didukung sekolah dan komite. Sekali lagi, tujuan iven ini adalah untuk memotifasi siswa kelas 6 SD/MI, mengasah kemampuannya sesuai potensi yang mereka miliki. Kita salurkan melalui beragam lomba yang kita adakan,"tegasnya.


Ditegaskan Defi Marlita, kegiatan yang diadakan ini tidak untuk ajang menerima siswa, untuk masuk ke SMPN 1 Payakumbuh. Meski kita ketahui, sekolah kita tetap jadi favorit. Namun lomba yang diadakan ini murni untuk memotivasi dan sekaligus mengasah kemampuan anak didik.


“Untuk penerimaan siswa atau PPDB nanti, SMPN 1 Payakumbuh tetap melakukan dan melaksanakan sesuau regulasi berlaku secara berjenjang, hingga Kota Payakumbuh melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Jalur PPDB yang diterapkan dan telah ditetapkan, yakni jalur zonasi, afirmasi, jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua,” tegasnya Defi Marlita, lagi.


Sebelumnya, haru biru Sempetupa Competition ke XVIII terpancar dari banyaknya peserta lomba. Hampir 350 siswa SD/MI dari Luak Limapuluah ikuti iven ini, termasuk SD/MI dari Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Kota Bukittinggi.


Perlombaan dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 11 hingga 12 Februari. Lomba yang diangkatkan diataranya lomba MIPA, tahfiz, story telling, lomba di bidang kesenian, olahraga dan lainnya. Dari kegiatan lomba ini sekolah menyediakan hadiah untuk peserta yang keluar jadi pemenang dari setiap yang dilombakan.


"Alhamdulillah, kegiatan yang kita gelar dibuka lanngsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, diwakili Kabid Dikdas, Bapak Tavril Samry, dan Ketua Komite, Bapak Hendra Yani. Terima kasih semuanya," pungkas Defi Marlita.(ul)