Tak Tanggung-Tanggung, AS Kirim Kapal Induk USS George HW Bush Bantu Korban Gempa Turki -->

Iklan Atas

Tak Tanggung-Tanggung, AS Kirim Kapal Induk USS George HW Bush Bantu Korban Gempa Turki

Sabtu, 11 Februari 2023

 

Amerika Serikat mengerahkan kapal induk USS George HW Bush ke Medietrania untuk membantu penanganan gempa Turki



ANKARA - Amerika Serikat (AS) menyiagakan kelompok penyerang kapal induk di Laut Mediterania untuk membantu penanganan gempa Turki. Kapal induk USS George HW Bush beserta kapal perang pengiringnya ditempatkan di Mediterania sejak 7 Februari lalu atau sehari pascagempa.


Komando Eropa AS (Useucom) menyatakan para personel AS siap memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan Turki selaku negara sekutu. Beberapa sumber mengatakan, kapal induk USS George HW Bush tak memasuki perairan Turkim melainkan lepas jangkar di perairan internasional dekat Kepulauan Rhodes.sebagaimana dikutip iNews.id.



“Kelompok Serang Kapal Induk George Herbert Walker Bush tiba di Laut Mediterania timur beberapa jam setelah mendapat pemberitahuan pada 7 Februari, siap memberikan bantuan logistik, medis, dan angkutan udara,” bunyi pernyataan Useucom, dikutip dari Anadolu.


Disebutkan, tim dari Useucom kemudian terbang ke Pangkalan Udara Incirlik, Turki, pada 9 Februari untuk berkoordinasi tentang peran apa yang bisa dilakukan militer AS guna membantu para korban serta apa yang dibutuhkan pemerintah Turki melalui organisasi bantuan USAID.


Sementara itu pesawat sayap putar Angkatan Darat AS lebih dulu menerbangkan para personel medis AS ke daerah yang terdampak gempa pada 7 Februari.


Selain itu helikopter UH-60 Black Hawk turut membantu evakuasi warga sipil yang terluka ke fasilitas medis setempat.


“Helikopter tambahan, termasuk Black Hawk dan CH-47 Chinook, sedang dikirim ke Incirlik dan akan disiapkan untuk misi lanjutan guna mendukung setiap permintaan dari profesional medis Turki,” demikian isi pernyataan.


Komandan Useucom Christopher G Cavoli mengatakan bantuan ini merupakan bukti komitmen AS dalam membantu negara sekutunya yang dilanda musibah. Seperti diketahui, AS dan Turki sama-sama anggota NATO.


"Ketika negara sekutu atau mitra menghadapi saat-saat bencana yang tak terhitung dan hilangnya nyawa manusia secara tragis, tidak pernah ada keraguan dari Amerika Serikat untuk segera merespons kebutuhan bangsa tersebut," kata Cavoli.(*)