Tambang di China Kembali Runtuh, 5 Pekerja Tewas -->

Iklan Atas

Tambang di China Kembali Runtuh, 5 Pekerja Tewas

Senin, 27 Februari 2023

Ilust



Beijing- Sebuah tambang di China barat daya runtuh dan menewaskan lima orang. Total ada 25 penambang yang sempat terperangkap di bawah puing-puing. Kecelakaan ini terjadi di sebuah tambang Provinsi Sichuan, Minggu (26/2/2023) pagi. Dari 25 orang tersebut, lima di antaranya tewas, tiga luka parah dan lainnya berhasil menyelamatkan diri. 


Departemen Manajemen Darurat provinsi melaporkan, tambang tersebut tidak menghasilkan batu bara. Sayangnya, mereka tak menjelaskan jenis tambang tersebut.  Sementara itu, upaya penyelamatan terus dilakukan di tambang terbuka di Liga Alxa, wilayah Mongolia Dalam. Jumlah korban tewas kini enam orang. Sementara ada enam penambang yang berhasil dievakuasi hidup-hidup, sebagaimana dikutip iNews.id.


Penyebab runtuhnya tembok tambang pada enam hari lalu sedang diselidiki. Sejumlah orang yang tidak disebut identitasnya juga telah ditahan. Presiden China Xi Jinping menyerukan upaya pencarian dan penyelamatan besar-besaran. Otoritas lokal telah memerintahkan inspeksi dan peningkatan keselamatan di tambang lain di Mongolia Dalam yang menghasilkan banyak batu bara, logam, dan tanah. 


Bencana tambang yang mematikan kerap terjadi di China. Padahal pihak berwenang telah mengurangi jumlah korban dengan menekankan keselamatan dan menutup operasi tambang kecil yang tak punya alat memadai.(*)