Tuntut Pembebasan Jalan, Gema Aku Geruduk PT Smart Padang Halaban -->

Iklan Atas

Tuntut Pembebasan Jalan, Gema Aku Geruduk PT Smart Padang Halaban

Redaktur
Rabu, 15 Februari 2023

Ratusan massa saat orasi didepan pabrik PT Smart Tbk Padang Halaban.

Labura, fajarsumbar.com – Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Aek Kuo (Gema Aku) melakukan unjuk rasa didepan kantor Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Smart Padang Halaban, Rabu (15/2/2023).

 

Aksi ini mendapat diwarnai dengan pembakaran ban serta pendirian tenda didepan pabrik tersebut. Puluhan personel kepolisian Polres Labuhanbatu bersiaga dilokasi untuk mengamankan jalannya demonstrasi.

 

Koordinator aksi, Suriadayan Pangaribuan mengatakan, hal ini menuntut pihak perusahaan membebaskan jalan poros sepanjang 10 km yang dimulai dari Desa Pulo Jantan menuju kantor Kecamatan Ae Kuo yang selama ini dipasang portal sehingga menyulitkan masyarakat yang melintas.

 

“Jalannya juga sulit dilalui, kita sudah tuntut ke pemkab Labura agar dibangun namun kata mereka tidak bisa karena jalan itu berstatus Hak Guna Usaha (HGU),” ujarnya.

 

Hal serupa juga pernah dilakukan pada tahun 2019 lalu, namun hingga kini tak kunjung ada hasil.

 

“Jadi kami saat ini kembali melakukan ini, karena sudah kita lakukan sebelumnya namun mereka tidak peduli. Saat ini kita menuntut untuk jalan tersebut dilepaskan dari status HGU, biar bisa di aspal, karena jika tetap begini, daerah tempat tinggal kami akan terus terisolir,” sebutnya.

 

Menanggapi hal itu, Humas PT Smart Padang Halaban, Natan Maza saat dikonfirmasi wartawan mengaku telah menyampaikan hal ini ke pimpinan pusat, namun masih dalam pembahasan disana.

 

“Ini telah kita sampaikan ke top management, jadi sambil menunggu hasil, sementara ini kami akan melakukan perbaikan jalan tersebut layak dipakai,” katanya. (Red)