Turki Bangun 30.000 Tempat Tinggal untuk Korban Gempa mulai Maret -->

Iklan Atas

Turki Bangun 30.000 Tempat Tinggal untuk Korban Gempa mulai Maret

Rabu, 15 Februari 2023

 

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengunjungi warganya di salah satu daerah yang diguncang gempa dahsyat, pekan lalu.


Ankara – Pemerintah Turki bakal membangun 30.000 bangunan tempat tinggal bagi para korban gempa dahsyat di negara itu pekan lalu. Menurut rencana, pembangunan akan dimulai pada Maret.  


Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan, bangunan hunian itu bakal dibangun di zona gempa, namun jauh dari garis patahan seismik. Sebelumnya, pemimpin Turki itu mengatakan, jumlah korban tewas akibat gempa bumi 7,8 yang melanda negaranya pekan lalu kini telah mencapai 35.400 orang. Bencana tersebut menjadi yang paling merusak dalam sejarah Turki,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Kami akan segera memulai pekerjaan konstruksi ketika penilaian kerusakan selesai. Mulai awal Maret, kami akan segera memulai pembangunan 30.000 bangunan tempat tinggal. Dalam beberapa bulan, pembangunan semua rumah yang kami bangun jauh dari garis patahan,” kata Erdogan, seperti dikutip kantor berita Sputnik. 


“Target kami, dalam satu tahun, bisa menyelesaikan pembangunan sejumlah bangunan berkualitas tinggi dan aman yang akan menuntaskan masalah perumahan di seluruh zona gempa,” katanya saat berada di Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) di Ankara.


Erdogan mengatakan, 98 persen bangunan yang runtuh akibat gempa bumi baru-baru ini dibangun sebelum 1999. Sebagian Turki dan Suriah dilanda serangkaian gempa bumi dahsyat dan gempa susulan pada Senin (6/2/2023) lalu. Jumlah gabungan korban tewas akibat gempa dahsyat di kedua negara telah melebihi 41.000 jiwa.(*)