Wabup Richi : Perumda Harus Semakin Baik Kedepannya -->

Iklan Atas

Wabup Richi : Perumda Harus Semakin Baik Kedepannya

Jumat, 10 Februari 2023

Wabup Richi Aprian hadiri pembinaan Perumda

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), ke depan harus semakin baik, karena ini juga sebagai upaya meningkatkan perekonomian daerah, disamping sebagai badan usaha yang memberikan pelayanan baik bagi kesejahteraan masyarakat.


Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, ketika menghadiri acara Pembinaan Perusahaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar (Perumda Air Minum Tirta Alami dan Perumda Tuah Sepakat), dengan tema "Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Penyusunan Pelaporan BUMD)", di Aula Eksekutif, Kamis (9/2/23). 


Wabup katakan, Perumda ke depan harus semakin baik, terutama dalam upaya melayani hajat hidup orang banyak, seperti kebutuhan akan air bersih dari PDAM.


Wabup sangat mengapresiasi pembinaan Perumda, dengan menghadirkan narasumber tersebut yang digagas Bagian Perekonomian Setda, menurutnya kegiatan ini sangat baik sekali, karena terkait dengan pelaporan yang berdasarkan pada rencana kerja anggaran.


"Dengan adanya kegiatan ini kita berharap, semakin meningkatnya kinerja Perumda, kepatuhan terhadap aturan, treatment anggaran, sehingga dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.


Wabup menyebut, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah penyertaan modal daerah yang merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan dan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.


"Tata kelola perusahaan yang baik adalah, suatu sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan, agar menghasilkan kemanfaatan ekonomi yang berkesinambungan, serta keseimbangan hubungan antara pemangku kepentingan," tukas Wabup. 


Sebelumnya, Kabag Perekonomian Setda Masni Yuletri mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas BUMD, yang terdiri dari Dewan Pengawas, Direktur dan juga karyawan, sehingga terwujud tata kelola perusahaan yang baik yang dapat memenuhi prinsip transparansi, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.


Untuk narasumber dikatakan Masni Yuletri adalah dari akademisi, pakar akuntansi, pakar keuangan dan juga merupakan tenaga akhli sekaligus pembina BUMD di Kota Padang. 


Sementara itu, Narasumber Afridian Wirahadi Ahmad menyampaikan terkait pelaporan Dewan Pengawas atau Komisaris, yang mana laporan triwulan disampaikan paling lambat 30 hari kerja setelah akhir triwulan. Triwulan I Januari-Maret dilaporkan April, Triwulan II April-Juni dilaporkan Juli, Triwulan III Juli-September dilaporkan Oktober, dan Oktober-Desember dilaporkan Januari.


Untuk evaluasi disampaikannya, didahului dengan monitoring yang dapat dilaksanakan secara bulanan, triwulan dan tahunan, yang dilakukan berdasarkan laporan bulanan, triwulan dan tahunan. (F12)