Wabup Risnawanto Ikuti Rakor Implementasi SRG dan PLK di Sumbar -->

Iklan Atas

Wabup Risnawanto Ikuti Rakor Implementasi SRG dan PLK di Sumbar

Sabtu, 25 Februari 2023

 

Wabup saat mengikuti Rakor


Padang, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Hendri dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasbar, Pahrein mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas (PLK), pada Sabtu, (25/2). Rakor tersebut dihadiri dan  dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga di ZHM Premiere Padang.


Rakor tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan sistem pembiyaan perdagangan yang efektif dan efisien, berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang SRG yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2011, serta untuk mendorong terwujudnya akses pasar yang lebih luas melalui PLK.


Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjelaskan program SRG merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan pasokan atau rantai distribusi dikelola dengan baik. Kehadiran gudang membuat hasil komoditas bisa tersimpan dan membuat penjualannya bisa ditunda saat penjualannya sudah mulai membaik. Dengan begitu para pelaku usaha, petani atau pun nelayan tidak mengalami kerugian.


Dalam kesempatan tersebut Jerry Sambuaga  menginstruksikan kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat untuk mengaktifkan gudang SRG yang ada di Pasaman Barat agar para petani, nelayan dan pelaku usaha khususnya UMKM dapat memastikan komoditasnya tersimpan dengan baik. (Jd)