Bupati Apresiasi SMPN 4 X Koto Kembangkan Ekstrakurikuler Sekolah -->

Iklan Atas

Bupati Apresiasi SMPN 4 X Koto Kembangkan Ekstrakurikuler Sekolah

Jumat, 10 Maret 2023

Bupati Eka Putra foto bersama dengan majelis guru di SMPN 4 X Koto


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pelestarian budaya tradisional suatu hal yang harus diwarisi generasi muda, yang diawali dari jenjang pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.


Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, saat menjadi motivator sekaligus menyaksikan Penandatanganan MoU antara Perguruan Silat Taduang Bangkeh dengan UPT SMPN 4 X Koto, di Aula sekolah setempat, Kamis (9/3).


Bupati sampaikan lagi, pengembangan adat dan budaya harus dilestarikan dengan mewariskan kepada generasi muda. Untuk itu pemerintah daerah mengapresiasi SMPN 4 X Koto, yang telah menumbuhkembangkan kreatifitas dalam proses belajar mengajar di sekolah, dengan mengembangkan program ekstrakurikuler sekolah yaitu pencak silat.


"Kegiatan yang dilaksanakan SMPN 4 X Koto ini merupakan kegiatan yang sangat strategis, karena telah mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler, dan bekerja sama dengan perguruan silat Taduang Bangkeh," ungkapnya.


Eka Putra juga tambahkan, saat ini generasi muda banyak yang tidak tahu lagi prosesi adat, tarian khas, kesenian khas, bahkan kuliner khas daerahnya. Semoga dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler ini, tentunya kita harapkan bisa melestarikan kembali kesenian tradisional silat.


Kepada seluruh jajaran SMPN 4 X Koto, Bupati juga berharap, agar terus meningkatkan kualitas pendidikan dan konsisten menjaga semangat, dalam mencetak generasi unggul, berkualitas dan berkarakter, dalam rangka menyonsong generasi emas 2045.


"Kepada siswa, juga diingatkan untuk senantiasa menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif, yang bisa merusak diri dan masa depan mereka. Teruslah bersemangat, rajin, selalu bersyukur dan berdoa. Yang terpenting kalian jangan pernah meninggalkan shalat," pesan Eka Putra.


Sementara itu, Plt. Kepala SMPN 4 X Koto Osmaidar sampaikan, terima kasih atas kehadiran pimpinan daerah dalam mendukung program kegiatan, yang dilaksanakan dalam rangka MoU dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh, untuk kegiatan silat sebagai pelajaran ekstrakurikuler.


"Siswa SMPN 4 X Koto tahun ajaran 2023-2023 sebanyak 72 siswa terdiri dari kelas VII 14 siswa, kelas VIII 24 siswa dan kelas IX 34 dengan fasilitas lengkap 9 lokal dan laboratorium, dan 12 orang guru," sampai Osmaidar. 


Sebelumnya, Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal, sampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah daerah, untuk kerjasama kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler silat. "Perguruan silat Taduang Bangkeh selain dengan SMPN 4 X Koto juga sudah melakukan kerjasama dengan sekolah SD, SMP dan SMA Batipuh," terangnya. (F12)