Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Batu Bulek -->

Iklan Atas

Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Batu Bulek

Rabu, 08 Maret 2023

Bupati Eka Putra letakkan betul pertama renovasi pembangunan Masjid Raya Batu Bulek Lintau Buo Utara

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, hadiri acara silaturahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, yang dilaksanakan oleh masyarakat Nagari Batu Bulek, sekaligus melakukan peletakan batu pertama renovasi pembangunan Masjid Raya Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa (7/3/23). 


Pada kesempatan itu, Bupati katakan, bahwa pembangunan akan sukses kalau dilakukan secara bersama-sama, begitu juga dengan renovasi Masjid Raya Batu Bulek ini. Namun demikian, yang terpenting dari sebuah Masjid itu bukanlah dinilai dari megah bangunannya, tetapi karena jamaahnya selalu ramai datang meramaikan Masjid, untuk beribadah dan melakukan berbagai kegiatan keagamaan. 


"Karena itulah Saya selalu mengimbau, agar Masjid selalu dibuka selama 24 jam, agar jamaah bisa melakukan berbagai kegiatan keagamaan di Masjid, terkait dengan pelaksanaan pembangunan Masjid Raya Batu Bulek, agar masyarakat untuk bersatu dan bersama-sama dalam menyelesaikannya," pesan Eka Putra. 


Selain itu, sekaitan dengan akan datangnya bulan suci Ramadhan Bupati secara pribadi dan atas nama pimpinan daerah juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. 


"Mari kita persiapkan diri kita mulai dari sekarang untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, agar selama bulan Ramadhan nanti kita bisa lebih meningkatkan kualitas ibadah kita, serta mari saling memaafkan agar ibadah kita tidak terganggu," pungkasnya. 


Sebelumnya, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Batu Bulek Nurzal Chan, yang juga anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar menyampaikan, bahwa awalnya rencana rehab Masjid ini bermula dari inisiatif dari beberapa tokoh masyarakat dan juga pengurus masjid yang menginginkan sebuah masjid yang lebih representatif di nagari Batu Bulek. 


Nurzal Chan juga menyebutkan bahwa untuk anggaran pembangunan awal rehab masjid ini sudah terkumpul sebesar Rp. 200 juta, yang berasal dari bantuan pemerintah, dana pokir anggota DPRD dan juga dari sumbangan donatur. "Namun dalam perencanaan total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp. 800 juta, jadi kami masih sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah, donatur dan juga seluruh masyarakat baik yang di kampung maupun yang di rantau," ujarnya. 


Selanjutnya, Wali Nagari Batu Bulek atas nama pemerintahan Nagari, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, baik yang di kampung maupun diperantauan, yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan Masjid ini. "Tanpa adanya partisipasi dan uluran tangan kita bersama, tentu pembangunan Masjid ini akan sulit direalisasikan," ujarnya.


Hadir juga pada kesempatan itu Camat Lintau Buo Utara Arif Gani bersama Forkopimca, Wali Nagari, Kepala Jorong se Nagari Batu Bulek, tokoh masyarakat setempat, angku-angku, niniak mamak, bundo kandung, dan masyarakat setempat. (F12)