Bupati Lima Puluh Kota Luanching 10 Program Unggulan Ramadhan 1444 H -->

Iklan Atas

Bupati Lima Puluh Kota Luanching 10 Program Unggulan Ramadhan 1444 H

Senin, 06 Maret 2023
.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -- Pemerintah Daerah Lima Puluh Kota bersama Kementerian Agama Lima Puluh Kota dan stakeholder lainya meluncurkan sepuluh program unggulan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. 


Kegiatn strategis tersebut dilangsungkan (06/03) di aula Bupati setempat, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Sumatera Barta, pimpinan OPD, jajaran Kemenag Lima Puluh Kota, pimpinan ormas dan ratusan tamu undangan lainya.


H. Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutanya mejelaskan, “Kegiatan hari ini merupakan hasil kolaborasi serta dukungan dari Pemerintah Daerah dan komponen lainya, melalui kegiatan ini diharapkan nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah puasa dapat dibumikan agar memiliki dampak sosial dalam kehidupan sehari-hari”, harap Kakan Kemenag. 


Lebih lanjut dijelaskan, program One Day One Juz bagi ASN Lima Puluh Kota diharapkan dapat menjadi stimulus bagi ASN untuk khatam Al-Quran setidanya satu kali selama Ramadhan. 


Program monumenal lainya Gerakan Lima Puluh Kota Bersedekah yang lahir dari kerjasama Pemerintah Daerah, Kemenag Lima Puluh Kota dan Baznas merupakan bagian dari program inovasi yang diharapkan dapat menjadi penyanggah suksesnya program inovasi lainya, seperti, program thaharah Masjid, tadarus, buka puasa bersama anak yatim, wisuda tahfizd dan program pesantren Ramadhan. “terang H. Irwan


Terkait dengan program Lapas Kelas III Suliki berbasis pesantren serta LPKA Kelas II Tanjung Pati berbasis program Tahfizd Al-Quran dijelaskan Kakan Kemenag, “Kedua program di Lapas tersebut merupakan upaya kolektif transformasi pola pembinaan yang ada di lembaga pemasyarakatan, agar nantinya warga binaan keluar dari Lapas menjadi ulama dan para penghafal Al-Quran yang bermanfaat bagi umat dan bangsa.”terang jebolan Magister UIN Imam Bonjol padang ini.


Sementara itu Safaruddin Dt Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan, “Sebagaimana yang telah kita saksikan bersama ada tujuh nota kesepahaman kerjasama yang ditandatangi hari ini, yang keseluruhanya merupakan hasil kerjasama dan sinergisitas antara Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki, LPKA Kelas IIB Tanjung Pati, Baznas Lima Puluh Kota, BKMT Lima Puluh Kota, BP4 Lima Puluh Kota dan jajaran pondok pesantren Lima Puluh Kota. Nota kesepahaman kerjasama tersebut merupakan kerangka dasar bagi lahirnya berbagai program inovatif”, jelas Bupati.


Terkait dengan program One Day One Juz Bupati menjelaskan, “Melalui Program one  day one juz bagi ASN Lima Puluh Kota diharapkan dapat menjadi pelecut bagi seluruh ASN untuk mengkhatamkan Al-Quaran menimal satu kali selama bulan Ramadhan. Sekali lagi perlu saya tegaskan program one day one juz wajib diikuti oleh seluruh ASN Lima Puluh Kota yang beragama Islam. Program ini tentu perlu disiapkan secara matang agar dapat dievaluasi secara baik,”terang Bupati


Disampaikan juga bahwa, “Bulan suci Ramadhan merupakan kawah candradimuka bagi umat Islam yang beriman, dimana hasilnya akan melahirkan pribadi yang bertaqwa. Pribadi yang bertaqwa diharapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan daerah diseluruh lini pengadian. Oleh sebab itu saya mengajak seluruh masyarakat Lima Puluh Kota, mari kita sambut bulan suci Ramadahan dengan meningkatkan kualitas ibadah masing-masing, dengan harapan pada 1 Syawal 1444 H kita semua menjadi manusia bertitel Taqwa. “Simpul Bupati 


Pada kegiatan tersebut Bupati Lima Puluh Kota meluncurkan sepuluh program unggulan Ramadhan 1444 H, pertama One Day One Juz bagi seluruh ASN Kebupaten Lima Puluh Kota, ke-dua Safari Ramadhan, ke-tiga Tadarus Al-Quran, ke-empat Thaharah Masjid/Musallha, ke-lima Pesantren Ramadhan, ke-enam Gerakan Lima Puluh Kota Bersedekah, ke-tujuh Buka Bersama Anak Yatim, ke-delapan Tabligh Akbar, ke-sembilan Wisuda Tahfizd Akbar dan terakhir Gema Takbir Idul Fitri. (ul)