Camat Lubuak Aluang Dion Franata Lantik Anggota Bamus, Ini Pesan Wabup Pd.Pariaman -->

Iklan Atas

Camat Lubuak Aluang Dion Franata Lantik Anggota Bamus, Ini Pesan Wabup Pd.Pariaman

Jumat, 10 Maret 2023
Camat Lubuak Aluang Dion Franata lantik anggota Bamus pada empat nagari se-Kecamatan Lubuak Aluang di Aula Kantor KNPG Lubuak Aluang, Jum'at 10 Maret 2023 (foto.ikp)


Lubuak Aluang - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs.Rahmang, MM hadiri pelantikan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari periodesasi 2023-2029 pada empat nagari se-Kecamatan Lubuk Alung. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin Camat Lubuk Alung Dion Franata bertempat di Aula KPNG Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (10/03/23).


Adapun anggota Bamus Nagari yang dilantik adalah Bamus Nagari Salibutan Lubuk Alung, Bamus Nagari Singguling Lubuk Alung, Bamus Nagari Sungai Abang Lubuk Alung, dan Bamus Nagari Balah Hilir Lubuk Alung.  


Dalam sambutannya Wabup Rahmang menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Bamus yang telah dilantik beserta keluarga. Dengan amanah yang baru, maka otomatis waktu bersama keluarga akan tersita.


Untuk itu, kata Wabup Rahmang, kepada keluarga suami atau istrinya yang diamanahkan tugas baru, agar ikut mendukung dan mensupport supaya mereka berkonsentrasi dan mampu berjalan stabil. 


"Beri mereka energi dalam menjalankan amanah tersebut, disamping itu agar banyak bersabar. Karena, waktu mereka dengan keluarga akan sedikit terganggu," ujarnya. 


Rahmang tidak lupa berterima kasih kepada Bamus yang lama atas dedikasi dan pengabdiannya terhadap nagari.


Ia berharap, tetaplah berkontribusi, memberi masukan dan saran kepada pemerintah, terkhusus Bamus sebagai mitra wali nagari dalam mewujudkan pembangunan di nagari masing-masing. 


"Kemajuan dan kebaikan untuk nagari tidak akan dapat dicapai dengan pola-pola individualis, namun perlu kebersamaan dan harus saling mendukung. Jangan Bamus menjadi rival wali nagari dalam mewujudkan pembangunan di nagarinya," tegas Rahmang. 


Wabup Rahmang juga memberi saran, agar anggota Bamus yang dilantik untuk memelihara amanah sebagai anggota Bamus. 


Ia berpesan tetaplah berkata benar berjalan lurus. Karena, menjadi anggota Bamus disamping berkontribusi kepada nagari, juga punya peluang memegang amanah yang lebih tinggi. 


"Insya Allah akan memuluskan langkah saudara mendapat kepercayaan ke tingkat yang lebih tinggi menjadi anggota legislatif" ujarnya memotivasi. 


Untuk penguatan fungsi dan peran sebagai anggota Bamus, Rahmang minta pelajari aturan terkait tugas dan fungsi Bamus tersebut. Bamus bisa menjadi badan yang bisa menampung aspirasi masyarakat di tingkat nagari.


Pasalnya, sebut Wabup, anggota Bamus bersama wali nagari harus menjadi penyalur keinginan dan kebutuhan masyarakat ke tingkat kecamatan atau bahkan membawa aspirasi tersebut ke tingkat kabupaten.


"Pemimpin harus responsif, melalui aturan dan regulasi yang dibuat agar berpihak kepada mengatasi kesenjangan ditengah masyarakat. Juga mengakomodir kebutuhan masyarakat hingga ke lapisan terbawah," pungkas Rahmang yang juga pernah Ketua Bamus nagari di masanya. 


Sebelumnya, perwakilan tokoh masyarakat Sudirman Dt Putiah menyampaikan, anggota Bamus adalah mitra wali nagari dalam menyelenggarakan pemerintahan dan mewujudkan pembangunan.


Ia berharap anggota Bamus harusnya dapat lebih mempermudah wali nagari dalam berkerja, bukan sebaliknya. 


"Bekerjalah semaksimal mungkin, jangan mengambil langkah yang tidak sesuai dengan koridor dan melenceng dari aturan. Sehingga akan menjadi permasalahan hukum dikemudian hari," saran pengurus KAN Lubuk Alung ini. 


Acara pelantikan Bamus tersebut, yang bertindak sebagai rohaniwannya adalah Kepala KUA Kecamatan Lubuk Alung Kasmir. Rangkaiannya diakhiri dengan pemberian selamat secara langsung kepada yang bersangkutan.


Terlihat hadir Kepala DPMD Hendri Satria, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Syofrion M, unsur Forkopimca Kecamatan, dan Wali Nagari bersangkutan bersama jajaran, serta tokoh masyarakat di kenagarian setempat. (ikp/saco)