CJH Padang Panjang Jalani Tes Kebugaran -->

Iklan Atas

CJH Padang Panjang Jalani Tes Kebugaran

Rabu, 08 Maret 2023
Salah seorang calon jamaah haji Padang Panjang diperiksa kesehatannya sebelum menjalani tes kebugaran.



Padang Panjang, fajarsumbar.com - Para calon jemaah haji (CJH) Padang Panjang menjalani tes kebugaran. 


Tes dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Lapangan Bancah Laweh, Rabu (8/3). 


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Rahmaisa, SKM didampingi Kabid Yankes, Promkes dan SDK, Oktafihendri, S.Kep mengatakan sebanyak 55 CJH mestinya ikuti tes kebugaran ini.


"Dari 55 CJH itu hanya 52 yang ikut tes kesehatan hari ini, dikarenakan yang satu sakit dan dua lagi sedang di luar kota," katanya.


Bagi yang belum ikut akan ada lagi tes kebugaran bagi mereka, bergabung dengan CJH yang lain. Tes kebugaran ini dilaksanakan untuk memastikan tingkat kebugaran jasmaninya CJH. 


"Tes ini menggunakan metode rockport. Para CJH berjalan atau berlari sejauh 1,6 km atau empat kali keliling lapangan kecil Bancalaweh. Diberikan istirahat 9 hingga 10 menit dan diukur kembali nadinya," jelasnya. 


Sebelum melakukan metode ini CJH diperiksa dulu tensi, tekanan darah, pengukuran nadi dan wawancara riwayat sakit oleh dokter. Apabila nanti dokter membolehkan untuk ikut berjalan atau berlari, maka diikutsertakan dalam tes. . 


"Alhamdulillah setelah dites kebugarannya CJH kita saat ini hasilnya bagus dan baik. Kita harapkan ke depan kesehatan para CJH kita baik-baik saja. Mereka kami berikan penyuluhan agar ke depan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan tetap berolahraga minimal berjalan kaki," jelasnya.


Kasi PHU Kantor Kemenag, Editiawarman, S.Ag menyampaikan, CJH  Padang Panjang yang didaftarkan  110 oran. Data terakhir 55 orang yang telah menyelesaikan admnistrasinya.


Untuk kloter keberangkatan belum bisa dipastikan kloter ke berapa. Namun untuk keberangkatan insyaa Allah pertengahan Mei sudah berangkat.


"Kami harap para CJH tetap menjaga kesehatan. Kesehatan adalah yang utama untuk menunaikan ibadah haji ini," tegasnya. (syam)