Dukung Inovasi Anak Bangsa, PLN Beri Pendanaan Tiga Startup Terbaik Program PLN Elevation: Watts Up -->

Iklan Atas

Dukung Inovasi Anak Bangsa, PLN Beri Pendanaan Tiga Startup Terbaik Program PLN Elevation: Watts Up

Rabu, 15 Maret 2023

 


.
Jakarta, FajarSumbar.Com – PT PLN (Persero) mengumumkan tiga perusahaan rintisan (_startup_) pemenang program akselerasi PLN Elevation: Watts up! Amtiss, Katalis dan Leastric menjadi tiga _startup_ terbaik dari 310 peserta yang mendaftar dan mengikuti pembinaan selama enam bulan.


Apresiasi tinggi disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Dia mengatakan PLN Elevation: Watts Up! bukan sekedar kompetisi _startup_. Lebih dari itu, gelaran ini sebut Darmawan menjadi momentum yang sangat bersejarah untuk mewujudkan terobosan menjadi program nyata. 


"Saya mengapresiasi terselenggaranya PLN _Elevation_ yang luar biasa. Ini bentuk komitmen dari PLN untuk melibatkan seluruh potensial karya anak bangsa," ungkap Darmawan.


PLN Elevation: Watts Up! adalah program kompetisi dan akselerasi bisnis dengan fokus inovasi berbasis lingkungan dan transisi energi. 


Menurut Darmawan ratusan _startup_ yang mendaftar datang dengan ide-ide brilian. Namun PLN hanya menjaring 10 _startup_ terbaik yang dianggap memiliki gagasan _out of the box_. 10 _startup_ tersebut mengikuti rangkaian _mentorship_ dan diberi kesempatan melakukan uji coba produk di dalam lingkungan operasional serta ekosistem PLN, hingga akhirnya dipilih tiga terbaik.


"Inilah _startup_ yang _out of the box_. Yang berhasil membangun ide dengan sangat kreatif. Yang berhasil membuktikan kemampuannya menciptakan solusi. Membangun ekosistem bisnis besar bersama PLN," tambah Darmawan. 


Tiga pemenang tersebut menurut Darmawan akan mendapatkan tambahan dana pengembangan usaha senilai masing masing Rp 150 juta. Sedangkan untuk tujuh peserta lainnya tidak tertutup kemungkinan diberi kesempatan untuk melanjutkan uji coba produk dalam bentuk kerja sama bisnis dengan PLN. Sebelumnya pada tahap sebelumnya, kesepuluh finalis _startup_ telah mendapatkan pendanaan masing-masing Rp 100 juta. Sehingga total dana yang digelontorkan PLN untuk mendukung perusahaan _startup_ tersebut senilai Rp 1,450 Miliar.


“PLN punya mimpi untuk mencapai _net zero emission_ pada 2060. Ambisi besar ini membutuhkan tak hanya pergerakan dan perubahan dari pihak internal PLN, tapi juga partisipasi dari banyak pihak eksternal untuk bersama-sama menemukan _best practice_ yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan serta cara kerja PLN," tambah Darmawan.


Para inovator, para kreator, _engineer, entrepreneur_, dan para _founder_. Yang tidak cukup hanya melahirkan ide, tetapi juga kita bersama-sama mewujudkan terobosan yang hebat dari gagasan menjadi kenyataan


Demi mendorong transisi energi, lanjut Darmawan, PLN akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dar inovator-inovator muda, kreator, _engineer, entrepreneur_, dan para _founder_ yang datang dengan ide-ide brilian namun praktikal. Terlebih lagi proses penciptaan produknya menggunakan prinsip _Environmental, Social, and Governance_ (ESG).


Darmawan melihat ketiga pemenang memiliki produk yang sangat inovatif dan sesuai dengan kebutuhan PLN. Amtiss menawarkan layanan perangkat lunak (_Software as a Service_) yang berfokus pada optimasi pemeliharaan alat berat. Katalis membuat prototipe motor listrik ‘MOVE’ yang memiliki kemampuan durasi penggunaan jarak jauh. Kemudian Leastric yang menciptakan alat dan _energy management system_ yang mampu memantau penggunaan listrik di rumah maupun gedung.


"Mari kita melangkah bersama, mari bangun ekosistem bisnis masa depan yang produktif yang saling menguatkan, yang mampu menjadi solusi untuk Indonesia,” tutup Darmawan.


Sementara itu Direktur Lestari, Cynthia Krisanti selaku rekanan penyelenggara kompetisi  inovasi menyampaikan bahwa para _startup_ muda butuh dukungan akses ke _offtaker_ atau pengguna produk, bukan hanya investasi finansial. 


“Dengan kesempatan seperti ini, mereka dapat melihat apakah inovasi mereka bekerja, apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya, serta apakah ada konsumen yang mau menggunakan atau membayar produk tersebut. Itulah yang membedakan Lestari dengan kebanyakan program akselerasi lainnya. Kami bangga dapat bekerja sama dengan PLN dan melihat kesuksesan berbagai uji coba serta antusiasme teman-teman _startup_ Indonesia. Kami berharap inovasi dalam isu _sustainability_ ini akan makin jamak dan semakin banyak korporasi dan investor yang mau berkolaborasi untuk mengembangkan potensi besar ini,” terang Cynthia.(*)


*