Gedung Poliklinik RSUD Kabupaten Solsel Hari ini Diresmikan oleh Bupati -->

Iklan Atas

Gedung Poliklinik RSUD Kabupaten Solsel Hari ini Diresmikan oleh Bupati

Jumat, 17 Maret 2023

Inilah gedung Poliklinik RSUD Solok Selatan yang diresmikan oleh Bupati Solok Selatan. (Abg)



Solsel, fajarsumbar.com - Gedung Poliklinik RSUD Kabupaten Solok Selatan (Solsel)  hari ini diresmikan oleh Bupati Solok Selatan, sekaligus peluncuran satu unit mobil jemput antar pasien. 


Hadir pada acara peresmian gedung Poliklinik di RSUD Solok Selatan Bupati, wakil bupati, ketua DPRD, Ketua TP PKK, GOW, Dekranasda, Sekda, OPD terkait. Jumat (17/3/2023).


dr Heri Herianto selaku ketua pelaksana dalam laporanya mengatakan. Terimaksih banyak kepada pemerintah daerah yang sudah banyak memberikan kemajuan demi terlaksananya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. 


Pelayanan di RSUD Solok Selatan sangat perlu dukungan penuh dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah. 


Dengan tingginya dukungan pemerintah sudah sangat dirasakan oleh pegawai, tim medis dan masyarakat sendiri. 


Sementara itu ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutanya mengatakan. tidak hanya saja gedung yang lain harus diperbaiki, namun pelayanan yang baik kepada pasien dan masyarakat, jangan hannya setiap tahun diberikan bantuan bantuan bangunan dan alat medis, akan tetapi pelayanan selalu jadi masalah, kedepan inilah yang harus kita lakukan. 


Bukti keseriusan pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Saya rasa sudah sangat luar biasa, buktinya sudah 92,5 persen masyarakat Solok Selatan sudah mendapatkan pelayanan BPJS kesehatan. 


BPJS ini bukan saja diberikan kepada masyarakat yang memiliki kartu BPJS, tetapi pasien yang inhin berobat tidak ada kartu BPJS masih bisa dilayani jika pasien itu sudah terdaftar. 


Kami dari DPRD selalu memberikan pelayanan politik yang penuh untuk kesehatan masyarkat. 


Bupati Solok Selatan Khairunas dalam arahanya mengatakan, hari ini kita bersama-sama berkumpul disini menyaksikan peresmian gedung Poli Klinik RSUD Solok Selatan, berkat dukungan dan usaha yang telah kita lakukan bersama. Hal ini semata-mata adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bapak ibu saudara sekalian yang saya hormati. 


Menurut WHO sehat itu adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat. Sehingga saya yakin percaya bahwa sehat itu merupakan visi atau kondisi ideal yang harus selalu kita usahakan untuk dicapai.


Tujuan Program Kesehatan adalah untuk menciptakan masyarakat yang sehat, artinya bukan semakin banyak pasien yang datang dan tertangani menjadi indikator keberhasilan pada program kesehatan, tetapi minimnya pasien yang datang atau berobat ke Fasilitas kesehatan dikarenakan masyarakat banyak yang sehat, kondisi ini lah yang harus kita ciptakan.


Sasaran pembangunan kesehatan yang akan dicapai pada tahun 2025 adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ditunjukkan oleh meningkatnya Umur Harapan Hidup, menurunnya Angka Kematian Bayi, menurunnya Angka Kematian Ibu Melahirkan, dan menurunnya Prevalensi gizi kurang pada balita.


Oleh karena itu, yang terpenting saya tekankan kepada seluruh Jajaran kesehatan dan OPD terkait, termasuk Wali Jorong, Wali Nagari dan Camat, agar kita fokus untuk melakukan sosialisasi dan edukasi hidup sehat kepada masyarakat dan membantu masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit. 


Para penyuluh kesehatan, bidan dan jajaran RSUD serta puskesmas, tidak hanya menunggu masyarakat datang berkunjung, tapi harus hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan kesehatan.


Alhamdulillah, pada saat sekarang saya mendapatkan laporan, bahwa kita sudah menjalankan program Puskesmas Sehatkan Nagari yang bertujuan untuk mengantarkan langsung pelayanan kepada masyarakat, dengan mendatangi rumah masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan untuk dilakukan penanganan. 


Tidak hanya itu, setiap ada even kita juga menyediakan gerai-gerai pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan.


Kedepan, selain meningkatkan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan untuk menjamin kesehatan semua masyarakat Solok Selatan, yang saat ini sudah mencapai 169.677 Jiwa atau 93,14 %, kita juga telah berkolaborasi dengan perusahaan se Kabupaten Solok Selatan untuk ikut andil dalam membangun infrastruktur pelayanan kesehatan.


Alhamdulillah kita dibantu melalui dana CSR untuk pembangunan Gedung VIP RSUD Kabupaten Solok Selatan ini. Oleh karena itu, bersama ini saya minta doa dan dukungan seluruh pihak dan masyarakat agar pembangunan gedung ini dapat segera kita realisasikan tanpa ada kendala yang berarti.


Jujur Saya sampaikan, dulu RSUD ini dicapok oleh masyarakat hanya sebagai rumah sakit rujukan, bagi para tenaga medis sedikit sedikit pasien selalu dirujuk keluar Solok Selatan, tanpa ada pelayanan yang efektif terlebih dahulu, namun sekarang RSUD sudah jauh berobah dari semula, buktinya sudah banyak daerah lain yang dirujuk ke RSUD Solok Selatan ini. (Abg)