India Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Supersonik BrahMos di Laut Arab -->

Iklan Atas

India Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Supersonik BrahMos di Laut Arab

Senin, 06 Maret 2023

 

India sukses menguji coba rudal jelajah supersonik BrahMos dari kapal perang di Laut Arab.



NEW DELHI - India sukses menguji coba rudal BrahMos di Laut Arab. Rudal jelajah supersonik itu ditembakkan dari kapal perang Angkatan Laut (AL) India dan diklaim berhasil mengenai target secara presisi. Tak disebutkan jarak dari titik penembakan hingga ke target, namun rudal yang diuji berjangkauan menengah.


"#IndianNavy sukses melakukan serangan presisi menggunakan kapal di #ArabianSea dengan rudal #BrahMos bersama @DRDO_India," kata seorang juru bicara AL India di Twitter, Minggu (5/3/2023), seperti dilaporkan kembali Sputnik, sebagaimana dikutip iNews.id.


DRDO adalah singkatan dari Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan, pihak yang ikut mengembangkan rudal BrahMos. Rudal tersebut sudah menggunakan teknologi pelacak dan pendorong dari dalam negeri. 


Rudal ini dibuat oleh BrahMos Aerospace, perusahaan bersama Rusia-India yang berdiri sejak 1998. BrahMos merupakan akronim dari Brahmaputra yang diambil dari nama sungai serta Moskow, ibu kota Rusia.


Keterlibatan Rusia dalam proyek rudal ini diwakili perusahaan roket dan luar angkasa, NPO Mashinostroyenia.


Perusahaan tersebut memproduksi rudal jelajah supersonik. Rudal yang dibuat bisa ditembakkan di berbagai medan, seperti di kedalaman laut menggunakan kapal selam, kapal permukaan, pesawat, serta platform darat.  (*)