Indra Sjafri: "Bupati Cup Pesisir Selatan layak jadi percontohan" -->

Iklan Atas

Indra Sjafri: "Bupati Cup Pesisir Selatan layak jadi percontohan"

Senin, 13 Maret 2023
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menjelaskan pada Indra Sjafri soal Pro-Nasa dan turnamen Bupati Cup U-12. (dok antara)


Painan - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengaku turnamen Bupati Cup U-12 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat layak dijadikan percontohan untuk pencarian bibit pemain nasional.


Menurutnya kompetisi antar-siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Sepak Bola (SSB) dan akademi se-Indonesia itu sejalan dengan usulan PSSI yang memasukkan sepak bola dalam kurikulum 2019 yang kini draftnya telah di tangan Presiden Joko Widodo.


"Saya tidak menyangka Pesisir Selatan telah memulainya. Ini akan saya sampaikan pada Menteri Pemuda dan Olahraga," katanya ketika membuka Bupati Cup U-12 di Painan.


Turnamen yang bertemakan perpaduan Pro Nagari Bersekolah (Pro-Nasa) dan Sport and Tourisme itu diikuti lebih dari 80 tim dari seluruh Indonesia, dengan 40 tim adalah tuan rumah.


Ia melanjutkan menjadikan sepak bola sebagai bagian dari kurikulum pendidikan merupakan sesuatu yang mendesak untuk Indonesia bisa melahirkan bibit pemain handal.


Apalagi Indonesia telah kini memperbarui Filanesia sebagai filosofi yang dianggap cocok dijadikan fondasi dan karakter sepak bola tanah air.


Karena itu selain kebutuhan mendesak, gerakan sepak bola masuk menjadi bagian dari kurikulum sekolah perlu dilakukan secara masif guna melahirkan atlet berkualitas.


Gerakan ini butuh dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan seluruh kepala daerah mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota maupun pemangku kepentingan lainnya.


"Bahkan 10 besar dari negara ranking FIFA merupakan negara yang memiliki kurikulum sepak bola di sekolahnya," terang pria yang kini didaulat menjadi pelatih Timnas U-23.


Dirinya optimis jika gerakan itu dimulai sejak dini Indonesia memiliki peluang untuk masuk jajaran 10 besar dunia, mengingat bangsa ini memiliki potensi generasi muda yang sangat besar.


Ia berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menjadikan turnamen seperti ini sebagai agenda rutin, sehingga daerah berjuluk 'Negeri Sejuta Pesona itu' terus melahirkan pemain berstandar nasional.


Program Pro Nasa, khususnya sepak bola hendaknya terus bergulir ke seluruh penjuru nagari guna menggali segala potensi besar yang mungkin belum dapat kesempatan untuk tampil.


Sejak dulu kabupaten yang menjadi beranda Selatan Ranah Minang itu selalu melahirkan insan sepak bola berskala nasional, mulai dari pelatih hingga pemain.


"Tradisi ini mesti dilestarikan, karena daerah punya potensi besar dan didukung kepala daerah yang komit dengan kualitas sumber daya manusia, termasuk atlet," ujarnya.(wandi)