Jalan Tembus Solsel - Dharmasraya Manfaatkan Anggaran Pusat Rp56 Miliar untuk 10 KM -->

Iklan Atas

Jalan Tembus Solsel - Dharmasraya Manfaatkan Anggaran Pusat Rp56 Miliar untuk 10 KM

Jumat, 10 Maret 2023
Bupati Solok Selatan Khairunas dan sejumlah OPD terkait, meninjau ruas jalan tembus Solok Selatan -  Darmasraya langsung didampingi Camat Sangir Balai Janggo Muslim dan lainnya.


Solsel, fajarsumbar.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat survei jalan tembus  Solok Selatan-Dharmasraya via Sungai Sungkai-Sungai Rumbai bersama Pemkab Solok Selatan untuk yang kesekian kalinya.


Bahkan di tahun 2023 ini direncanakan akan diaspal hotmix sepanjang 10 KM dengan pagu anggaran dana pusat Intruksi Presiden (Inpres) Jokowi Dodo sebesar Rp56 miliar, atau dana khusus perbaikan infrastruktur daerah skala prioritas pemerintah pusat.


"Kita turun bersama tim teknis untuk melihat program pembangunan yang akan dilaksanakan dengan dana inpres. Hasil survei dilapangan ini akan kita laporkan ke BPJN dan hasilnya nanti semuanya tergantung keputusan Pemerintah pusat. Tugas kita bersama tim teknis melakukan peninjauan dan pengukuran ulang," ungkap PPK25 BPJN Sumatera Barat Gusman, beberapa hari yang lalu. 


Ruas jalan tembus tersebut sepanjang 21 KM, direncanakan 10 KM akan diaspal hotmix yang diusulkan melalui dana inpres. Kapan akan dimulai itu yang menentukan pusat, tugasnya sebagai utusan tim teknis lapangan BPJN hanya sesuai tupoksi kelapangan saat ini. 


"Rp56 miliar untuk 10 KM ini, semua pemerintah pusat yang menentukan. Kita kelapangan melakukan survei sesuai intruksi dari BPJN," jelasnya.


Bupati Solok Selatan Khairunas berharap dana inpres yang diusulkan Rp56 miliar tersebut dapat terealisasi sesuai harapan bersama yakni untuk peningkatan jalan tembus Solsel-Dharmasraya. 


Diperikarakan akan dilakukan pengaspalan tahun ini sepanjang 10 KM, dan tim teknis serta PPTK BPJN sudah turun kelokasi untuk melihat program pembangunan yang akan dilaksankan dengan dana Inpres atau APBN bersifat khusus untuk Solsel. 


"Tahun lalu juga sudah diaspal dimulai dari simpang Kaco Sungai Sungkai. Tugas kita Pemkab dalam pendampingan kelapangan meyakinkan komitmen kita kepDa o Balai untuk kelanjutan peningkatan jalan tembus Solsel-Dharmasraya ini," terangnya, Jumat (10/3/2023).


Turunnya tim teknis BPJN untuk mencoba menghitung kembali titik jalan tembus yang diusulkan melalui dana Inpres 2023.


Untuk diketahui sebut Bupatu, bahwa dana Inpres ini sebagai petunjuk pelaksanaan kebijakan pembangunan jalan daerah. Sebab dana inpres ini untuk perbaikan jalan daerah yang menjadi prioritas.(Abg)