Jalur Rel Terdampak Longsor Dipastikan Aman, Kereta Pangrango Kembali Beroperasi Hari Ini -->

Iklan Atas

Jalur Rel Terdampak Longsor Dipastikan Aman, Kereta Pangrango Kembali Beroperasi Hari Ini

Kamis, 16 Maret 2023


Jalur rel kereta di Bogor Paledang-Batu Tulis terdampak longsor


Jakarta  - Jalur rel kereta yang terdampak longsor di Bogor Paledang-Batu Tulis dipastikan aman dilewati kereta. Kereta api Pangrango pun kembali beroperasi melayani penumpang pada hari ini Kamis (16/3/2023). 


"Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali normal yakni dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor. Setelah dilakukan uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan maka sejak Kamis dini hari jalur dinyatakan aman untuk operasional kereta api," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Kamis (16/3/2023).


Adapun hari ini dari total 6 perjalanan kereta api yang normalnya beroperasi setiap hari hanya 1 kereta yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara 5 perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Berikut daftar 5 KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 :


Keberangkatan Stasiun Bogor

- KA 216C jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB

- KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB

- KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB 


Keberangkatan Stasiun Sukabumi

- KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB

- KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB 


Adapun untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan yakni KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. 


Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100 persen. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga 7 hari ke depan. 


Sementara untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter saat ini masih proses perbaikan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai dinyatakan aman untuk operasional KA. Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan. 


"Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121," katanya. (*)