Jupri Mak Dang Bertindak Cepat, Puluhan KK 'Bakal Selamat' -->

Iklan Atas

Jupri Mak Dang Bertindak Cepat, Puluhan KK 'Bakal Selamat'

Selasa, 07 Maret 2023
Anggota DPRD Padang Jufri Mak Dang saat meninjau pemicu banjir di jalan Utama Arai Pinang - Pagambiran, Lubeg, Kota Padang, Minggu (5/3/2022).



Padang, fajarsumbar.com - Anggota DPRD Padang dari Fraksi PAN Jupri Mak Dang menanggapi serius penyebab banjir di jalan utama Arai Pinang, Kelurahan Batuang Taba Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Kota Padang, Sumatera Barat.


Banjir sering menghantui warga di jalan utama Arai Pinang - Pagambiran tepatnya pintu masuk komplek Griya Elok. Setiap hujan lebat air menggenangi jalan utama di gerbang perumahan tersebut.


Salah satu penyebabnya sendimen gorong-gorong jalan masuk perumahan tersebut sudah meninggi, sehingga menyempit pelepasan air ke bandar buangan, karena banyak sendimen dibawa air bah saat hujan lebat.


Atas keluhan warga, anggota DPRD Padang dari Fraksi PAN Jupri langsung mendatangi lokasi yang didampingi Camat Lubeg, Heriza Syafani, Lurah Batuang Taba Nan XX, Gamal meninjau langsung ke lokasi, Minggu (5/3/2023).


Dalam kunjungan anggota DPRD didampingi, Ketua RW 007 Ramadhan, Ketua LPM Arluki, Ketua RT 003 Griya Elok, Tomy Revelino serta warga perumahan dan lainnya.


Menjawab keluhan warga, anggota DPRD Padang yang sudah banyak berjasa di Komplek Griya Elok menanggapi serius dengan membuktikan janjinya akan memperbaiki gorong-gorong salah satu pemicu banjir.


"Insya Allah tim dari Dinas PU-PR akan mensurvey gorong-gorong gerbang pintu masuk Perumahan Griya Elok untuk pemasangan plat duiker, Rabu 8 Maret 2023 besok," ujar Jupri Mak Dang kepada fajarsumbar.com melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa (7/3/2023).


"Tapi saya tidak bisa mendampinginya, sebab ada Bimtek di Bukittinggi," sambung Jupri yang juga Wakil Ketua DPD PAN Kota Padang tersebut.


Sebagaimana diketahui, semakin menyempitnya gorong-gorong dan meningginya sendimen saluran air di gerbang Komplek Griya Elok, salah satu pemicu sering banjir di lokasi tersebut.


Setiap hujan lebat genangan air tidak bisa dihindari. Akibatnya jalan utama dari By Pass - Arai Pinang - Pagambiran sulit dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Kemacetan tak bisa dihindari.


Dampaknya lagi puluhan Kepala Keluarga (KK) yang berada di lokasi tersebut 'menikmati' hasilnya. Puluhan rumah, terkhusus jalan utama Arai Pinang terendam hingga sepinggang orang dewasa.


Ketua RT 003/RW 007, Perumahan Griya Elok, Tomy Revalino mengaku sudah mendapatkan informasi dari tim 'Mak Dang' mengabarkan bahwa tim Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) bakal mensurvey untuk pemasangan plat duiker gorong-gorong di pintu masuk gerbang Griya Elok.


"Mudah-mudahan benar informasi tersebut, sehingga banjir yang menjadi momok warga sekitar, khususnya di Jalan Utama Arai Pinang dari By Pass - Pagambiran segera teratasi," ujar Tomy.


Tomy kembali menyebutkan, banjir yang sering terjadi di lokasi tersebut sudah berlangsung lama dan bahkan setiap ada musrenbang di kelurahan selalu diusulkan agar segera dibangun duiker dan memperlebar gorong-gorong, sehingga debit air saat hujan lebat bisa lancar ke bandar pembuangan.


Adanya rencana pemerintah Kota Padang bertindak cepat untuk mengatasi banjir dengan memasang segera plat duiker dan memperlebar gorong-gorong, ia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada 'pak dewan' tersebut. 


"Atas nama warga, khususnya di Griya Elok saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada anggota DPRD Kota Padang Bapak Jupri dan juga kepada Camat Lubeg, Heriza Syafani, Ketua LPM Arluki dan begitu juga Pak Lurah Batuang Taba Nan XX serta lainnya yang ikut terlibat," ujar Tomy lagi.(ab)