Kang Ace Dorong Pemerintah Pusat Bersinergi dengan Pemda dalam Pembangunan Sosial -->

Iklan Atas

Kang Ace Dorong Pemerintah Pusat Bersinergi dengan Pemda dalam Pembangunan Sosial

Sabtu, 04 Maret 2023

 

Wakil Ketua Komisi IV DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily (kemeja putih) mendorong pemerintah pusat dan daerah sinergi dalam pembangunan sosial.



BANDUNG - Komisi VIII DPRmendorong pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) membuat berbagai program pembangunan sosial bagi masyarakat rentan dan membutuhkan. Dalam pelaksanaannya, pemerintah pusat harus bersinergi dengan pemda agar program tepat sasaran.


Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily saat Penyerahan Program Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dalam reses anggota Komisi VIII DPR bersama Kemensos di Sentra Abiyoso Cimahi, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jumat (3/3/2023), sebagaimana dikutip iNews.id.


"Harus ada sinergitas dalam urusan bantuan sosial antara pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran," kata Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily.


"Kata kuncinya, sinergitas dalam pembangunan sosial. Antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa harus integratif," ujar dia. 


Kang Ace menututkan, bantuan yang diberikan dalam program Atensi dibagi dalam tiga kategori. Pertama, bantuan rehabilitasi berupa tongkat dan kursi roda. Kedua, bantuan dalam bentuk usaha. 


“Bantuan usaha kami berikan barang, bukan dalam bentuk uang. Jadi programnya harus tepat sasaran. Ketiga, bantuan nutrisi dan sembako. Mudah-mudahan nanti kami dapat membantu dalam bentuk yang lebih luas," tutur Kang Ace. 


Dengan bantuan ini, kata Kang Ace, diharapkan masyarakat dapat menjalankan usaha dengan baik. “Melalui bantuan-bantuan ini diharapkan mereka dapat hidup sejahtera. Tidak terjebak bank emok, karena justru merugikan,” ucap dia.


Sementara itu, Kepala Sentra Abiyoso Kemensos Agung Hendrawan mengatakan, penerima manfaat yang mendapatkan bantuan Atensi ini 81 orang.Dalam satu tahun, akan ada empat program seperti ini. 


"Paket sembako 70. Paket nutrisi lansia 14. Nutrisi anak 4 paket. Modal usaha 29 paket. Alat bantu (disabilitas) 10 unit. Total nilai bantuan Rp131.233.000," kata Agung.(*)