Kapal Selam Rusia Tembakkan Rudal Jelajah Kalibr dari Laut Jepang, Melesat Sejauh 1.000 Km -->

Iklan Atas

Kapal Selam Rusia Tembakkan Rudal Jelajah Kalibr dari Laut Jepang, Melesat Sejauh 1.000 Km

Jumat, 03 Maret 2023

 

Salah satu kapal selam Rusia menembakkan rudal jelajah Kalibr dalam sebuah latihan pada tahun lalu.




Moskow– Rusia menembakkan rudal jelajah Kalibr dari Laut Jepang. Rudal itu dikatakan mencapai target sejauh 1.000 km. Armada Pasifik Rusia menyatakan, rudal itu ditembakkan oleh salah satu kapal selam diesel-listrik milik Rusia, Petropavlovsk-Kamchatsky.


“Kru kapal selam diesel-listrik Petropavlovsk-Kamchatsky telah meluncurkan rudal jelajah Kalibr dari posisi bawah air sebagai bagian dari rencana pelatihan tempur di Laut Jepang,” ungkap  armada itu dalam pernyataannya, Jumat (3/3/2023). 


Rudal tersebut telah ditembakkan ke sasaran pantai, mewakili posisi tembak musuh yang disimulasikan. Sebelum peluncuran, kapal selam secara diam-diam menduduki area yang ditentukan untuk menembak,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Rudal Kalibr telah mencapai posisi target pantai di bidang taktis Surkum, terletak di Wilayah Khabarovsk, pada perkiraan waktu, dengan jarak tembak melebihi 1.000 km,” kata Armada Pasifik Rusia.


Menurut militer negeri beruang merah itu, area penembakan rudal telah ditutup oleh kapal-kapal besar dan kecil Armada Pasifik Rusia. Selain itu, daerah di sekitar lokasi latihan juga dijaga oleh pesawat tempur dan kendaraan udara tak berawak (drone) milik Angkatan Laut Rusia.(*)