Kapolda Sumbar Beserta Ketua Bayangkari Kunker ke Polres Solok Selatan -->

Iklan Atas

Kapolda Sumbar Beserta Ketua Bayangkari Kunker ke Polres Solok Selatan

Sabtu, 18 Maret 2023

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, saat disambut oleh Bupati Solok Selatan Khairunas, ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres dan PJU lainya. (Abg)



Solsel, fajarsumbar.com---Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono S. I. K. S. H beserta ketua Bayangkari Sumbar Ny Iis Suharyono melakukan kunjungan kerja ke Polres Solok Selatan. 


Sebelum rombongan orang nomor satu dikepolisian Resort Sumbar itu lakukan serangkaian kegiatan diawali dengan penyambutan dipintu masuk gerbang Solok Selatan oleh Kapolres Solok Selatan AKBP Arif Mufti Adi Sabara bersama PJU lainya, Jumat (17/3/2023) giat dilanjutkan Shalat Jumat di Masjid Raya Pakan Rabaa, makan siang di rumah gadang Balun, peresmian rumah Tampek Baiyo Babinkamtibmas. Polsek Sangir Polres Solok Selatan di Sungai Barameh, dan rombongan langsung menuju Polres Solok Selatan. 


Rombongan ikut disambut oleh Bupati Solok Selatan Khairunas, ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Kapolres AKBP Arief Mufti Adi Sabara beserta ketua Bayangkari, Wakapolres Kompol Efdar Roza sejumlah OPD. 


Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutanya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Solok Selatan Saya mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumatera Barat Bapak Inspektur Polisi Suharyono beserta seluruh jajaran.


Semoga kedatangan Bapak beserta jajaran menjadi momentum peningkatan sinergitas unsur Forkopimda dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Solok Selatan.


Bupati dalam paparanya menjelaskan, Kabupaten Solok Selatan merupakan Kabupaten yang baru terbentuk pada tahun 2004, pemekaran dari Kabupaten Solok, berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Kerinci.


 Saat ini kita memiliki 7 Kecamatan, 39 Nagari dan 275 Jorong. Jumlah penduduk kita kurang lebih 183 Ribu Jiwa. Secara visual dapat kita lihat bentang alam Kabupaten Solok Selatan yang terdiri dari pegunungan yang indah dan pesona gunung kerinci. Semoga Bapak Kapolda dan Rombongan menikmati indahnya alam Sarantau Sasurambi ini.


Sebagai daerah yang baru mekar, dan berdiri selama 19 tahun, tentu kami Kabupaten Solok Selatan ingin sejajar bahkan melampaui daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut harus dikejar dengan berbagai terobosan serta pembangunan infrastruktur.


Alhamdulillah selama kurang lebih 23 Bulan kami menjadi kepala Daerah, kami tidak men

dapatkan kendala yang berarti, kami sebagai pemerintah daerah selalu di dukung oleh segenap unsur Forkopimda dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban.


Jalinan komunikasi dan koordinasi yang kuat membawa dampak yang positif pada peningkatan sinergitas institusi penegak hukum dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Karena sejatinya dengan situasi kondusif tentu pembangunan Kabupaten Solok Selatan akan berjalan lancar dan sukses.


Kami menyadari pentingya peran dan fungsi Polri di Kabupaten Solok Selatan. Untuk itu sebagai pemerintah daerah kami terus mendukung program dan kegiatan serta keberadaan Polri di tengah-tengah masyarakat. 


Sekaitan dengan hal itu, Pada saat ini dari 7 kecamatan kita baru memiliki 5 Polsek. Mudah-mudahan dengan penyerahan tanah hibah pada momen ini, yang disaksikan langsung oleh bapak Kapolda, pendirian 2 Polsek lagi yaitu di Kecamatan Sangir Jujuan dan Kecamatan Pauh Duo akan segera terealisasi.


Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat diwawancarai sejumlah awak media mengatakan. Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja yang ke 18, kunkerj ini merupakan kewajiban dan mengetahui bagaimana kondisi dan situasi didaerah mereka dan ini juga menindak lanjuti instrkusi Presiden dan Kapolri. 


Secara teknis tentu kami menyampaikan dan menilai kerja anggota, seperti moral, sikap anggota dalam memberikan pelayanan prilaku dinilai masyarakat, bagaimana pelaporan dan pengaduan masyarakat, bagus tidak bagusnya tergantung penilaian masyarakat. 


Saya bangga dan berterimakasih kepada Polres Solok Selatan telah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, sehingga terjaminanya ketertiban dan keamanan di Solok Selatan, kecilnya kasus yang muncul, menandakan kolaborasi kedua institusi ini jelas. 


Tahun politik ini sudah hampir bergulir kami memerintahkan polri dan keluarga tidak bermain politik praktis, 


Agenda Nasional yaitu Lansit Nusantara yang digelar di Sumbar beberapa bulan kedepan, kami polri bersama TNI akan siap membantu pengamanan kegiatan nasional ini. 


Rumah Tampek Baiyo Saya menilai sangat positif dan apresasiasi buat anggota Iptu Rudi Kamtibmas rumah babin dijadikan kantor babin sendiri.


Kita berkordinasi dulu dengan Pemrof, karena masih ada polres yang belum lengkap polseknya dimasing masing kecamatan, terimakasih kepada pemda Solok Selatan, khususnya bupati yang telah berkolaborasi dengan Polres Solok Selatan dengan bukti nyata disediakan lahan untuk pembangunan polsek. 


Setelah usai acara resmi di Polres Solok Selatan rombongan Kapolda diajak ke objek wisata Goa Batu Kapal di Sangir Balai Janggo, malamnua pertemuan dan temu ramah dengan Bupati, Ketua DPRD Solok Selatan do Pesona Alam Sangir. 


Paginya sebelum bertolak ke Padang, rombongan Kapolda menyempatkan diri diobjek wisata Kawasan Seribu Rumah Gadang di Menara Songket, Nagari Koto Baru. (Abg)