Kebakaran Dahsyat Depo Pertamina Plumpang; Bau Bensin Menyengat Warga Muntah-muntah -->

Iklan Atas

Kebakaran Dahsyat Depo Pertamina Plumpang; Bau Bensin Menyengat Warga Muntah-muntah

Sabtu, 04 Maret 2023
.


Jakarta - Sejumlah warga di Jalan Tanah Merah Bawah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, menceritakan detik-detik saat sebelum terjadinya kebakaran depo Pertamina Plumpang pada Jumat malam. 


Kebakaran Depo Pertamina Plumpang ini telah menghanguskan puluhan rumah warga dan beberapa kendaraan di sekitar depo. Kejadian bermula pada Jumat malam, selepas Isya, sekitar pukul 8 malam, ketika warga tiba-tiba mencium bau bensin yang begitu menyengat.


"Orang di sini pada muntah-muntah, nyium bau menyengat," kata salah seorang warga, Asya, 40 tahun, saat ditemui Tempo di lokasi, Sabtu, dini hari, 4 Maret 2022 sebagaimana dikutip tempo.co.


Aisya yang sedang berada di dalam rumah hingga bisa mencium bau bensin yang begitu menyengat tersebut. Seketika, Ia mendengar suara keributan di luar rumah yang semula ia kira ada warga yang berkelahi. 


Ternyata, warga sudah berlarian karena api berkobar dari Depo Pertamina yang dikelilingi dinding yang memisahkan permukiman warga, tak jauh dari rumahnya 


Seperti warga lainnya, Aisya langsung mengajak keluarganya untuk bergerak ke Masjid At Taubah yang tak jauh dari sana. Namun di sana, Ia dan keluarga justru tak bisa mengungsi karena lantai satu masjid dipakai untuk persiapan acara hajatan. Walhasil, warga bergerak lagi menuju Jalan Mundari.


Di sinilah, Asya mulai melihat adanya korban jiwa dari kebakaran ini. Ia melihat tiga korban yang meninggal dunia karena terbakar. Baru sekitar pukul 11.00 malam, Aisya diizinkan untuk kembali ke rumahnya.


Hingga pukul 3 pagi, Aisya masih duduk menunggui rumahnya karena khawatir maling bisa masuk. Ia beruntung karena rumahnya tidak dilahap si jago merah. Padahal, rumah beberapa tetangganya yang berlokasi lebih dekat ke depo sudah hangus tak bersisa.


Kebakaran di Depo Pertamina ini terjadi Jumat, 3 Maret 2023, sekitar pukul 20.11 WIB. Sebagian rumah-rumah warga yang berada di Jalan Tanah Merah Bawah RT 12 RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, pun ikut terbakar.


Data terkini menunjukkan korban kebakaran depo Pertamina mencapai 17 orang meninggal, 49 luka berat, dan 2 luka sedang. Sementara itu, sebanyak 639 orang mengungsi ke berbagai lokasi dan posko yang disediakan oleh pemerintah daerah.


Aini, 57 tahun, juga mengalami situasi serupa. Selepas Isya, Ia masih mengobrol dengan pedagang nasi goreng yang rutin berjualan di depan rumahnya. Tak berselang lama, Aini kaget ketika melihat warga berlarian sana-sini.  Seketika muncul semacam embun dan bau bensin yang menyengat.(*)