Peningkatan Kapasitas Wali Nagari, Begini Pesan Ketua DPRD Solsel -->

Iklan Atas

Peningkatan Kapasitas Wali Nagari, Begini Pesan Ketua DPRD Solsel

Kamis, 09 Maret 2023

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda saat memberikan sambutan pada acara Peningkatan Kapasitas Wali Nagari di Hotel Pesona Alam Sangir. 


Solsel, fajarsumbar.com - Wali Nagari adalah pemerintahan terendah dan Wali Nagarilah yang mengetahui kondisi didaerahnya. 


Sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat, Wali Nagari diminta jalankan tugas dan fungsi dengan baik. 


Hal ini disampaikan oleh ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Peningkatan Kapasitas Wali Nagari di Hotel Pesona Alam Sangir. Senin (6/3/2023). 


DPRD Solok Selatan mengharapkan keberadaan Wali Nagari benar-benar menjadi representasi pelayanan pemerintah daerah yang baik di tengah masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan wali dan perangkat nagari yang benar-benar memenuhi tugas dan fungsinya dengan baik.


Kami dari anggota DPRD sebagai perpanjangan tangan masyarakat di Legeslatif selalu memberikan dan menyetujui program dan anggaran untuk pembangunan dinagari. 


Wali Nagari dan Perangkatnya harus mengerti dengan tugas dan fungsinya, memahami aturan dan regulasi terkait, agar tidak salah dalam melangkah dan mengambil keputusan. Terlebih lagi regulasi mengenai pengelolaan keuangan dan pengadaan barang atau jasa. 


Untuk itu dibutuhkan tenaga terampil di nagari yang mampu  mengemban tugas dan tanggungjawab ke depan akan semakin kompleks.


Zigo menambahkan, Wali Nagari dan Perangkat Nagari merupakan infanteri Pemerintah Daerah barisan depan yang menjadi ujung tombak pelayanan kepada masyarakat yang memiliki anggaran tersendiri seperti ADD dan Dana Desa. 


Disamping itu, kami dari DPRD Solok Selatan menghimbau kepada semua wali nagari, agar bisa memanfaatkan dana dana yang berasal dari APBD dan APBN, jangan pernah tersangkut dengan hukum," pesan Zigo. (Abg)