Kontak Tembak TNI dan KKB di Puncak Papua, 1 Prajurit Gugur -->

Iklan Atas

Kontak Tembak TNI dan KKB di Puncak Papua, 1 Prajurit Gugur

Jumat, 03 Maret 2023

 

Satu prajurit TNI gugur saat kontak tembak dengan KKB di Kabupaten Puncak, Papua.




YUGUMUAK  - Anggota Batalyon Raider 303/SSM, Praka JM, gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat kontak senjata di Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (3/3/2023). 


Selain mengakibatkan satu prajurit TNI gugur, peristiwa itu juga menewaskan satu warga sipil. Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman membenarkan adanya kontak tembak tersebut. Dia mengatakan, peristiwa bermula saat KKB atau KST melakukan penyerangan.


"Bahwa benar kejadian tersebut, yaitu gerombolan KST telah menyerang dan menembak Personel Pos Sinak Satgas Yonif Raider 303/SSM bertempat Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak, Kabupaten Puncak pada Jumat (03/03/2023)," kata Kapendam, dikutip dari iNewsSukabumi.id. Dia mengatakan, peristiwa bermula saat gerombolan KKB menembak warga sipil berinisial TM. Aparat TNI pun hendak mengevakuasi yang bersangkutan ke Puskesmas Sinak.


Akan tetapi, saat evakuasi dilakukan, tim diadang dan ditembak oleh KKB. Akibatnya, Praka JM tertembak dan berlanjut pada kotan tembak. "Bahwa Praka JM yang tertembak berhasil dievakuasi ke Puskesmas Sinak untuk penanganan tim medis. Selanjutnya dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis. Demikian pula warga sipil TM yang ditembak KST dinyatakan meninggal dunia," kata Kapendam.


Saat ini, Praka JM akan dievakuasi menuju Timika.(*)