KPU Yakin Coklit Data Pemilih Kelar pada 14 Maret  -->

Iklan Atas

KPU Yakin Coklit Data Pemilih Kelar pada 14 Maret 

Senin, 06 Maret 2023

 

Betty Epsilon Idroos 



Jakarta - Hasil pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada yang sudah mencapai 80 persen. KPU yakin keseluruhan proses ini akan rampung pada 14 Maret mendatang.


Tahapan coklit digelar sejak 12 Februari lalu dan KPU bekerja keras untuk menyelesaikannya sesuai jadwal.


"Sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang coklitnya mencapai 70 sampai 80 persen," kata anggota KPU, Betty Epsilon Idroos, Minggu (5/3/2023).


Betty menambahkan, masih ada waktu sepekan lebih yang bisa dimaksimalkan Pantarlih dalam coklit, sebagaimana dikutip iNews.id.


Apalagi, lanjut dia, proses coklit sejauh ini tak menemui kendala berarti. Semua Pantarlih bisa melaksanakan tugas dengan baik.


"Sejauh ini kami belum dapat berita, persoalan-persoalan di lapangan tidak ada solusinya, semua ada solusinya. Kami secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kerja-kerja pantarlih sangat luar biasa di lapangan ketika melakukan coklit," ujarnya.


Dia melanjutkan setiap kendala sejauh ini bisa diatasi karena semua petugas bersinergi serta salin menginformasikan kendala di lapangan. Oleh karena itu semua permasalahan bisa diatasi dengan cepat. Setiap 10 hari para petugas berdiskusi guna mengevaluasi dan menyampaikan sejauh mana perkembangan kerja coklit di lapangan.


"Kami punya mekanisme di mana Pantarlih dikumpulkan PPS untuk diskusi, rapat kecil begitu ya, untuk bicara sudah sejauh mana coklit dilakukan, mendatangi rumah siapa saja per harinya, kendalanya apa saja," tuturnya. (*)