Lagi, 21 Pesawat Tempur China Masuki Zona Pertahanan Udara Taiwan -->

Iklan Atas

Lagi, 21 Pesawat Tempur China Masuki Zona Pertahanan Udara Taiwan

Kamis, 02 Maret 2023

 

Pesawat J-16 China.


TAIPEI - Sebanyak 21 pesawat angkatan udara China dilaporkan memasuki zona pertahanan udara Taiwan dalam 24 jam terakhir. Amerika Serikat (AS) menyetujui potensi penjualan senjata baru senilai 619 juta dolar AS ke Taiwan. =


Kementerian Pertahanan Taiwan, pada Kamis (2/3/2023) mengatakan, armada militer tersebut terdiri atas 17 pesawat tempur J-10 dan empat pesawat tempur J-16. Mereka terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan,sebagaimana dikutip iNews.id.


China mengatakan membenarkan kegiatannya di wilayah itu. Mereka mengklaim berusaha mempertahankan integritas teritorialnya dan untuk memperingatkan AS agar tidak "berkolusi" dengan Taiwan, meskipun hal ini menimbulkan kemarahan di Taipei. 


Sementara itu Pentagon pada Rabu (1/3/2023) mengatakan, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan senjata dan peralatan ke Taiwan. Hal itu mencakup 200 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM) anti-pesawat dan 100 rudal AGM-88B HARM yang dapat menghancurkan stasiun radar berbasis darat. 


"Penjualan yang diusulkan akan berkontribusi pada kemampuan penerima untuk menyediakan pertahanan wilayah udara, keamanan regional, dan interoperabilitas dengan Amerika Serikat," katanya dalam sebuah pernyataan. 


Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, rudal itu akan membantu secara efektif mempertahankan wilayah udara untuk menghadapi ancaman dan provokasi dari militer Komunis.


Raytheon Technologies RTX.N dan Lockheed Martin LMT.N adalah kontraktor utama. Sementara China telah memberikan sanksi kepada kedua perusahaan karena menjual senjata ke Taiwan.(*)