Mantan Presiden Rusia Medvedev Usulkan Nama Baru Negara Ukraina -->

Iklan Atas

Mantan Presiden Rusia Medvedev Usulkan Nama Baru Negara Ukraina

Minggu, 12 Maret 2023

 

Dmitry Medvedev




MOSKOW  - Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengusulkan nama baru untuk Ukraina. Nama itu disarankannya sebagai respons atas langkah serupa yang dilakukan Ukraina yang memberikan nama baru untuk Rusia. Pria yang menjabat Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional itu, dalam posting-an di Telegram, Sabtu (11/3/2013), mengatakan “Respons kami? Hanya Schweinisch Bandera-Reich."


Bandera merujuk pada kolaborator Nazi kenamaan, Stepan Bandera. Sedangkan Schweinisch semacam hewan yang rakus.  Bandera, kata Medvedev, merujuk pada sosok yang dipuja-puja politisi Ukraina. 


Bandera merupakan pemimpin Organisasi Nasionalis Ukraina (OUN) era Perang Dunia II. Dia bekerja sama dengan pemerintahan Nazi Adolf Hitler selama tahap awal invasi Nazi ke Uni Soviet,sebagaimana dikutip iNews.id.


Bandera kemudian ditangkap dan dipenjara oleh Jerman setelah berbeda pendapat tentang masa depan Ukraina. Setelah perang usai, Bandera melarikan diri ke Jerman Barat, namun pada 1959 dibunuh oleh seorang agen KGB. Pada Jumat (10/3/2023), Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan, pemerintahannya mempertimbangkan usulan untuk mengubah nama Rusia.


Dia menginstruksikan pihak berwenang untuk melakukan kajian menyeluruh proposal untuk mengganti nama Rusia menjadi Moscovia. Rus merupakan negara abad pertengahan tempat asal Rusia dan Ukraina. Banyak kalangan nasionalis Ukraina mengklaim tanah air mereka merupakan satu-satunya pewaris sejati Rus. Nama 'Moscovia' berasal dari Grand Duchy of Moscow yang secara historis digunakan oleh beberapa penulis untuk mendeskripsikan negara Rusia.(*)