Mengunjungi Pasar Seni, Makan Sambil Menikmati Kesenian -->

Mengunjungi Pasar Seni, Makan Sambil Menikmati Kesenian

Minggu, 05 Maret 2023
.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Diresmikan pada Sabtu  malam 4  Maret lalu, Pasar Seni  Padang Panjang adalah wadah berkumpul para seniman, sekaligus tempat makan-makan sambil menikmati kesenian di kota berjuluk Serambi Mekkah ini.


Pasar Seni berada dalam Taman Mini Secata B terdiri dari empat container. Tiga kontainer sebagai Art Gallery dan satu kontainer menyediakan makanan ringan.


Tiga Art Gallery  terdiri dari satu box Container Stage untuk sound system yang dapat digunakan untuk pertunjukan seni musik, orkestra, akustik, etnik ataupun pertunjukan seni tari, drama, randai dan lain sebagainya 


Dua box container lain untuk menampilkan hasil karya seni lukis, seni rupa, fotografi dan lainnya.


Sedangkan satu box container makanan, menyediakan makanan dan minuman ringan. Untuk makanan berat tetap mengedepankan Pasar Kuliner  yang letaknya tidak  jauh dari Pasar Seni. 


"Di Pasar Seni kita menyediakan juga box makanan ringan. Namun untuk makan berat tetap mengedepankan pasar kuliner. Bagi masyarakat yang belanja bisa menikmati makanannya sambil menikmati live music di Pasar Seni," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Romi Arrahman.


Kata Romi Pasar Seni tidak menghilangkan unsur taman kota yang masih bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sekadar duduk menikmati suasana layaknya hutan kota.


Untuk program ke depan menjadikan Pasar Seni sebagai wadah berkumpulnya semua seniman, baik luar dan dalam daerah. Juga untuk penikmat seni ataupun tempat nongkrongnya pelajar, mahasiswa, masyarakat  untuk berbagi  informasi tentang aspek seni gerak dan seni rupa.


Selain ada live musik, nanti akan ada juga pertunjukan seni, pemutaran film dan lain-lain yang sudah terjadwal, sehingga mampu menjadikan Padang Panjang memiliki ciri khas tertentu dalam segi ilmu kesenian baik modern maupun tradisional. 


Ketika fajarsumbar.com Pasar Seni Minggu (5/3) malam suasana sejuk dan nyaman. Pengunjung mengaku senang, apalagi suasana malam yang tidak terganggu hujan. Cuaca cerah ditambah dengan tamaran lampu. (syam)