MKI Sumbar Dukung Komitmen PLN Capai Nett Zero Emission dengan Mewujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik -->

Iklan Atas

MKI Sumbar Dukung Komitmen PLN Capai Nett Zero Emission dengan Mewujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Jumat, 10 Maret 2023
.

Padang, FajarSumbar.Com – Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumatera Barat menggelar Seminar Nasional yang diikuti ratusan peserta dari berbagai instansi dan mahasiswa pada Rabu (09/3) di Kryad Hotel Bumi Minang Padang.


Seminar bertajuk “Strategi Mewujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik Komitmen Indonesia Mencapai Nett Zero Emission” dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dan dihadiri eh Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN yang juga merupakan Ketua Umum MKI Pusat Evy Haryadi, General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, dan General Manager PLN UIP3B Sumatera Daniel Eliawardhana.


Tak tanggung-tanggung, seminar nasional yang berlangsung secara hybrid tersebut menghadirkan pembicara-pembicara hebat mulai dari staf ahli Kementrian ESDM Bidang Kelistrikan Sripeni Inten Cahyani dan KADIN Indonesia Bidang Perhubungan Adrianto Djokosoetono.


Tidak hanya itu, hadir Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia diwakili oleh Jaka Purwanto, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Barman Uhum Tambunan, Perkumpulan Pemangku Kepentingan Penunjang Jasa Ketenagalistrikan (PPKPJK) sekaligus Ketua MKI Sumbar periode pertama Insannul Kamil, Para Rektor, dan Ketua sekolah tinggi.


Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyampaikan apresiasi pada MKI Sumbar atas kontribusinya mendukung pertumbuhan kelistrikan Sumatera Barat.


“MKI Sumatera Barat terus membangun kolaborasi di Provinsi Sumatera Barat sehingga menjadi lebih maju. Kami dari Pemprov juga akan terus mendukung kebijakan pemerintah pusat mengenai kendaraan listrik,” imbuhnya.


Audy menambahkan, MKI akan terus berperan penting dalam membantu mempromosikan Sumatera Barat dengan sistem kelistrikan yang andal dan surplus.


“Besar harapan kami seminar ini dapat menambah wawasan seluruh peserta, khususnya mahasiswa-mahasiwa generasi penerus bangsa,” tambah Audy saat sambutannya.


Sementara Ketua Umum MKI Pusat Evy Haryadi menjelaskan Sembas menjadi penegasan kuat bahwa MKI Sumbar aktif dan berupaya mendukung pemerintah, PLN dan para pemangku kepentingan ketenagalistrikan untuk untuk bergerak melakukan pendekatan less carbon melalui pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) dan sumber daya fosil dengan harmonis ya g sejalan dengan program NZE (Net Zero Emission),” ujarnya.


Hal senada diungkapkan Pengurus MKI Sumbar Insanul Kamil dalam sambutannya.


“Seminar sekaligus musda ini merupakan sinergi dan kolaborasi kita bersama untuk memajukan sistem kelistrikan di provinsi sumatera barat menjadi terbaik khususnya dalam transisi energi mewujudkan Ekosistem Kendaraan” Ujarnya


“Insanul Mengatakan “Hasil dari seminar ini semoga bisa semakin mempertegas kontribusi MKI Sumbar dan masyarakat ketenagalistrikan  khususnya provinsi Sumatera Barat dalam memperkuat kebijakan- kebijakan Transisi Energi, Perubahan Iklim untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik sebagai Komitmen Indonesia Mencapai Nett Zero Emission.” Jelasnya.


Seminar kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua MKI Sumbar yang mengamanahkan Insannul Kamil sebagai ketua MKI Sumbar periode 2023 - 2026


Lewat tangan Insannul Kamil, diharapkan MKI Sumbar semakin menjadi yang terbaik dan membawa perubahan signifikan bagi kelistrikan mulai dari lingkup Lokal hingga Nasional.(*)