Murid SMPN 4 Sawahlunto Menolak Bosan Program Jaksa Masuk Sekolah -->

Iklan Atas

Murid SMPN 4 Sawahlunto Menolak Bosan Program Jaksa Masuk Sekolah

Kamis, 09 Maret 2023
Foto bersama


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Sebanyak 48 murid kelas IX SMPN 4 Sawahlunto menolak bosan atas pembekalan penyuluhan hukum yang diberikan kakak-kakak dari Kejaksaan Negeri Kota Sawahlunto, Sumatera Barat di Musala Nurul Fikri, Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kamis (9/3/2023). 


Hal tersebut disampaikan kompak oleh seluruh peserta didik yang mengikuti Program Jaksa Masuk Sekolah saat Kasubsi A Bidang Intelijen Arief Hidayat dan Desida selaku Analis Penuntutan (calon Jaksa) mengenalkan hukum dan pelanggaran hukum yang dapat dijerat pidana jika dilakukan oleh anak-anak seusia mereka. 


Wakil Kepala Sekolah Wenny Rosita mengharapkan anak didiknya dapat menyerap ilmu pengetahuan tentang hukum yang disampaikan oleh kakak-kakak narasumber dari Kejaksaan Negeri Sawahlunto. 


Dijelaskan Kasubsi A Bidang Intelijen Arief Hidayat terkait tugas aparat penegak hukum dalam melakukan upaya hukum bagi anak atau orang yang sedang berhadapan dengan hukum, mulai dari tupoksi Kepolisian, Jaksa, Pengacara hingga Hakim serta memberikan pengetahuan tentang Restorative Justice. 


Penyuluhan hukum yang santai dan tak membosankan disampaikan Desida, membuat antusias peserta didik yang mengikuti Program Jaksa Masuk Sekolah dengan tema 'Ayo Kenal Hukum, Jauhi Hukuman'. 


Desida juga menerangkan kepada peserta didik tentang kenakalan remaja yang bisa di pidana seperti pornografi, body shaming, bully, kekerasan seksual, kekerasan fisik, pemerasan, hingga narkotika dan juga status anak yang berhadapan dengan hukum, contoh; anak saksi, anak pelaku dan anak korban. 


Selain itu, dalam program Jaksa Masuk Sekolah ini Kejaksaan Negeri Sawahlunto menyiapkan hadiah baju kaos bagi peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dari narasumber setelah diberikan penyuluhan tentang hukum, menambah semangat peserta didik dalam kegiatan. (ton)