Rencana Kapal Selam Nuklir Australia Telan Dana Rp3.770 Triliun pada 2055 -->

Iklan Atas

Rencana Kapal Selam Nuklir Australia Telan Dana Rp3.770 Triliun pada 2055

Selasa, 14 Maret 2023

 

Program kapal selam bertenaga nuklir Australia dengan AS dan Inggris akan menelan biaya hingga 368 miliar dolar Australia atau Rp3.770 triliun pada 2055.




CANBERRA  - Program kapal selam bertenaga nuklir Australia dengan Amerika Serikat dan Inggris akan menelan biaya hingga 368 miliar dolar Australia atau Rp3.770 triliun pada tahun 2055. 


Itu menjadi anggaran untuk item pertahanan tunggal terbesar dalam sejarah Australia. Hal itu dibocorkan seorang pejabat pertahanan kepada Reuters pada Selasa (14/3/2023). Jumlah itu kira-kira 0,15 persen dari produk domestik bruto per tahun. 


Jumlah tersebut termasuk biaya pembuatan kapal selam serta infrastruktur dan pelatihan terkait. Diperkirakan, program tersebut akan menciptakan 20.000 pekerjaan di Australia selama tiga dekade,sebagaimana dikutip iNews.id.


Presiden AS, Joe Biden, Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada hari Selasa (14/3/2023) mengungkapkan rincian rencana untuk menyediakan kapal selam serang bertenaga nuklir untuk Australia. Itu akan menjadi sebuah langkah besar untuk melawan pembangunan angkatan laut China di Indo-Pasifik.


Albanese mengatakan, program tersebut akan dimulai dengan investasi senilai 6 miliar dolar Australia selama empat tahun ke depan untuk memperluas pangkalan kapal selam utama dan galangan kapal selam negara, serta melatih pekerja terampil. “Ini akan menjadi kemampuan berdaulat Australia – dibangun oleh warga Australia, dipimpin oleh Angkatan Laut Australia dan didukung oleh pekerja Australia di galangan kapal Australia,” kata Albanese di San Diego, California.


Dia menambahkan, skala, kompleksitas, dan signifikansi ekonomi dari investasi ini serupa dengan penciptaan industri otomotif Australia pada periode pascaperang. Australia juga akan menyediakan 3 miliar dolar Australia untuk memperluas kapasitas pembuatan kapal di AS dan Inggris. Sebagian besar uang ditujukan untuk mempercepat produksi kapal selam kelas Virginia AS.(*)