Tanah Datar Canangkan Imunisasi Polio, Bupati : Imunisasi ini Gratis -->

Iklan Atas

Tanah Datar Canangkan Imunisasi Polio, Bupati : Imunisasi ini Gratis

Rabu, 08 Maret 2023

Bupati Eka Putra teteskan Imunisasi Polio kepada Balita, di Nagari Batu Bulek, Lintau Buo Utara

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Menindaklanjuti program pemerintah dalam mencegah terjadinya penyakit polio dan berdasarkan dari Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus polio yang terjadi di Provinsi Aceh dengan jumlah 3 kasus, Pemerintah Daerah Tanah Datar mendukung dengan mencanangkan Crash Program Imunisasi Polio, di Nagari Balai Tangah, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa (7/3), di halaman kantor Wali Nagari setempat.


Pencanangan tersebut ditandai dengan penetesan obat polio kepada balita oleh Bupati Eka Putra didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Veri Winora, Camat Lintau Buo Utara Arif Gani, Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Utara 1 dan Wali Nagari Balai Tangah Dasheri. 


Bupati Eka Putra dalam sambutan menyampaikan bahwa telah terjadi KLB Polio yang di Provinsi Aceh dengan jumlah 3 kasus, dan ini telah menjadi perhatian semua pihak termasuk dunia.


Seterusnya, Bupati Eka mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan Crash Program Polio ini, sehingga seluruh Balita di Tanah Datar tidak akan terserang penyakit Polio dan yang perlu diketahui bersama Imunisasi Polio ini gratis.


"Kita tidak menginginkan penyakit Polio ada di Tanah Datar. Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja keras, mengedukasi dengan cara-cara humanis, agar semua anak-anak mendapatkan imunisasi Polio di kegiatan Crash Program Polio dengan gratis ini," ajak Bupati.


Bupati juga mengharapkan kepada seluruh Camat dan Wali Nagari, untuk fokus memantau anak-anak di wilayah masing-masing yang belum di imunisasi, karena ini sejalan dengan program pemerintah yaitu menciptakan masyarakatnya untuk sehat.


Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Utara 1 dr. Yogi Fernando sampaikan, kegiatan hari ini adalah perintah dari Kementerian Kesehatan. Yang mana di Provinsi Aceh sudah terjadi 3 kasus terjangkit virus polio pada balita dan bayi, dengan kejadian tersebut WHO menetapkan sebagai kejadian KLB.


Untuk itu, 3 Provinsi tetangga yaitu Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat, diimbau untuk melaksanakan imunisasi melalui program Crash Imunisasi Polio, yang dilaksanakan dari tanggal 6-12 maret 2023 secara serentak.


Nantinya, tambah Yogi, Crash Progam Polio diterapkan pada sasaran usia 0-59 bulan. Sedangkan untuk anak usia 0-4 bulan 2 tetes Oral Polio Vaccine (OPV) dan anak 4-59 bulan 2 tetes OPV serta 1 dosis Inactivated Polio Vaccine (IPV) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. 


"Kita harapkan dukungan dari semua pihak untuk mendukung kegiatan Imunisasi Polio ini, karena penyakit polio belum ada obatnya dan penyakit ini akan mengakibatkan cacat permanen," harap dr. Yogi. (F12)