Tiga Kelompok Usaha Merangkai Papan Bunga Terbentuk di Tanah Hitam -->

Iklan Atas

Tiga Kelompok Usaha Merangkai Papan Bunga Terbentuk di Tanah Hitam

Kamis, 09 Maret 2023
Camat Fiori menyerahkan sertifikat usai pelatihan merangkai papan bunga di Kelurahan Tanah Hitam, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Setelah mengikuti pelatihan merangkai papan bunga, 36 peserta sepakat membentuk tiga kelompok usaha di Kelurahan Tanah Hitam, Padang Panjang. 


Pembentukan kelompok merupakan keinginan peserta dan diinisiasi pemrintahan Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) berhasil membentuk tiga kelompok usaha. 


Pelatihan diikuti 36 peserta,  selama tiga hari yang dimulai Senin pekan lalu.


Kelompok usaha tersebut diberi nama Bugenvil, Murai Group dan Kelurahan Tanah Hitam. Masing-masingnya terdiri dari 12 anggota. Mereka sebelumnya diberikan materi dan keterampilan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.  


Pada penutupan pelatihan, Rabu (8/3) peserta mendapat sertifikat yang diserahkan Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, S.IP didampingi Lurah Tanah Hitam, Wetriko, S.Sos.


Fiori menyampaikan  selamat kepada peserta pelatihan yang terbentuk menjadi tiga kelompok usaha itu. 


“Selamat telah meningkatkan skill, hendaknya bisa menjadi sumber penghasilan baru  menunjang ekonomi keluarga,” katanya. 


Perihal permodalan, sebut Fiori, pihak kecamatan dan kelurahan akan mengkoordinasikannya dengan Baznas maupun dengan pengusaha lainnya di Padang Panjang. 


“Kami berharap kegiatan pemberdayaan bisa terus berkembang di Kota Padang Panjang,” ujarnya.


Lurah Wetriko menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang telah bersedia membagikan ilmunya. 


“Tiga hari, dari awam, para peserta pelatihan kini mampu menghasilkan karya yang bisa kita lihat hasilnya. Para peserta juga tampak bersemangat demi peningkatan ekonomi. Semoga ini bisa dikembangkan lebih baik lagi,” jelasnya.


Rahayu Handayani salah seorang peserta pelatihan mengaku sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Bersama temannya di Murai Group, dia mengaku akan mengembangkan usaha bersama kellompok. 


 “Usaha merangkai papan bunga smini sangat menjanjikan. Kami akan kembangkan usaha dengan baik ” sebutnya. (syam)