Tingkatkan Pemahaman Kelembagaan dan Administrasi, TP-PKK Tanah Datar Gelar Bimtek -->

Iklan Atas

Tingkatkan Pemahaman Kelembagaan dan Administrasi, TP-PKK Tanah Datar Gelar Bimtek

Sabtu, 18 Maret 2023

TP-PKK Tanah Datar gelar Bimtek Kelembagaan dan Administrasi

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PPK) Kabupaten Tanah Datar, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelembagaan dan Administrasi, bagi sejumlah pengurus PKK di Kabupaten Tanah Datar, yang dilaksanakan di Aula Kantor TP-PKK Tanah Datar, Komplek Indo Jolito Batusangkar, Jum'at (17/3).


Turut Hadir Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Patty Rizal Richi Aprian, Narasumber yang juga Sekretaris TP PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Siti Zakia, Pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari, serta lainnya.


Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan, melalui Bimtek tersebut, diharapkan bisa meningkatkan wawasan dan menyamakan persepsi, serta pemahaman tentang administrasi bagi pengurus PKK di Tanah Datar, mulai dari pengurus Kabupaten, Kecamatan, maupun Nagari serta Dasawisma.


Lebih lanjut Ny. Lise katakan, melalui Bimtek kelembagaan dan administrasi tersebut, juga diharapkan memberikan informasi tentang langkah program dan kebijakan, yang diambil tim PKK provinsi dalam rangka mencapai tujuan gerakan PKK.


Serta melalui Bimtek juga memberikan semangat dan motivasi kerja bagi seluruh pengurus atau Kader PKK dan Dasawisma di Tanah Datar beserta jajaran, termasuk dengan Ketua PKK di kecamatan yang baru dilantik. "Melalui bimtek ini hendaknya dapat memahami tentang cara pengisian buku dasawisma, yang nantinya juga diharapkan menjadi narasumber ke nagari, yang dilakukan secara berjenjang," kata Lise.


Ny Lise meminta, seluruh pengurus PKK baik kabupaten, kecamatan hingga dasawisma di nagari, agar melakukan evaluasi dan segera menyelesaikan permasalah yang ada.


Sementara itu, Narasumber yang juga Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Siti Zakiah mengatakan, PKK merupakan mitra kerja dalam mendukung suksesnya program pemerintah. Namun dalam proses perjalan PKK, setiap pergantian atau periode dari Pimpinan umum PKK pusat juga mempengaruhi administrasi PKK.


"Kalau secara kelembagaan mungkin strukturnya yang diperbaharui. Kalau kelembagaannya semi pemerintah. Setiap kepala daerah dilantik secara fungsional isteri kepala daerah juga dilantik menjadi Ketua TP-PKK, dan hal itu berjenjang sampai tingkat nagari," kata Siti Zakiah 


Terakhir Siti Zakiah sampaikan, kita menyadari dalam perjalanan tentu ada pasang surut, padahal keberadaan PKK mendukung suksesnya program pemerintah. Suksesnya kepala daerah juga merupakan suksesnya isteri kepala daerah," pungkasnya. (F12)