Tolak Pengaktifan Kepala Desa, Puluhan Warga Di Batang Kabung Segel Kantor Desa -->

Iklan Atas

Tolak Pengaktifan Kepala Desa, Puluhan Warga Di Batang Kabung Segel Kantor Desa

Minggu, 12 Maret 2023

Puluhan warga menyegel Kantor Kepala Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman. Minggu, 12/03/2023. Doc




Kota Pariaman
- Puluhan warga di Desa Batang Kabung menolak Kepala Desa terkait pengaktifan kembali oleh Pemerintahan Kota Pariaman. Bentuk penolakannya, warga  menyegel kantor desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur tersebut. Minggu (12/03/2023) 


Ketua LPM Desa Batang Kabung, Suardi Caniago saat dimintai keterangan menyebutkan kami tidak terima atas pengaktifan kembali Kepala Desa yang telah cacat hukum dan terlibat kasus asusila serta penyelewengan dana desa.

Ketua LPM Desa Batang Kabung, Suardi Caniago (tengah). 



"Saya selaku ketua LPM Desa Batang Kabung bersama, Ketua BPBD, serta tokoh masyarakat lainya menolak Kepala Desa yang telah memiliki catatan buruk untuk kembali masuk kantor" ujar Suardi Caniago yang biasa dipanggil SO






Ia meminta Pemerintah Kota Pariaman melalui dinas terkait agar tidak mengaktifkan kembali Kepala Desa Batang Kabung secara permanen. Sebab, perbuatanya selama menjabat tidak ada sedikitpun nilai positifnya dimata masyarakat. Melainkan, hanya menggerus dana desa yang ada dan menyalahgunakan untuk kepentingan tertentu.



Warga Menuliskan beberapa kritikan tajam di kertas Pertisi Penolakan yang ditempel dikantor Desa Batang Kabung. 


Lebih miris lagi, kata SO Kepala Desa Batang Kabung ini telah pernah ditahan oleh Kapolres Pariaman selama 18 hari. Ditambah, Pihak Pemko Pariaman juga telah menonaktifkan Kepala Desa Selama 3 Bulan terkait banyaknya kasus yang melilit Kepala Desa Batang Kabung ini. 


 "Kasus Kepala Desa Batang Kabung telah akumulatif. Mulai dari kasus kekerasan dalam rumah tangga, asusila, penyelewengan dana desa serta pemalsuan surat nikah" Terang Suardi Caniago dengan nada berapi-api. 

Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan Akan Turun Untuk Menemui Tomas


Sementara itu, Camat Pariaman Timur Muhammad Arif Gunawan saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada warga yang melakukan penolakan terkait pengaktifan kembali Kepala Desa. 

Saat ditanyai apa persoalanya, Camat Pariaman Timur  M Arif belum bisa menjelaskan secara jelas. Malah dirinya menyebutkan, dirinya masih sedang menyelesaikan dengan unsur lainya di Desa Batang Kabung terkait persoalan Kepala Desa yang dituntut warga. 

Plt. Kadis DPMDES Kota Pariaman, Yalvi Endri Ikut Menanggapi.

Terpisah, Plt Kepala Dinas DPMDES Kota Pariaman Yalvi Endri saat dimintai keterangan melalui via telfon mengatakan dirinya belum mendapat informasi terkait adanya warga yang menyegel Kantor Kepala Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur. 


"Saya Belum mengetahui adanya persoalan di Desa Batang Kabung, setelah ini akan saya hubungi Camat Pariaman Timur Katanya untuk menanyai perihal kejadian diwilayahnya" tutup Plt Kepala DPMDES Kota Pariaman ini dengan dingin 



Sekdako Pariaman, Yota Balad Belum Tahu!

Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad saat dihubungi via telfon mengatakan dirinya juga belum mengetahui adanya warga yang menyegel kantor Desa Batang Kabung. Namun, dirinya akan segera memangil dinas terkait terhadap persoalan ini. (Heri