Tujuh Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solsel Dilantik -->

Iklan Atas

Tujuh Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solsel Dilantik

Rabu, 15 Maret 2023

Anggota Bamus tujuh Nagari di Kecamatan Sungai Pagu. menghadiri acara pembekalan sebelum dilantik. Abg


Solsel, fajarsumbar.com---Tujuh Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan( Solsel) yang sudah lama mengalami kekosongan Badan Musawarah Nagari (Bamus) akhirnya terwujud juga.


Tujuh Nagari itu adalah Nagari Pasir Talang Selatan, Pasir Talang Timur, Pasir Talang Induk, Pasir Talang Barat, Sako Induk, Sako Utara dan Sako Selatan. 


Ketujuh Bamus itu segera akan dilantik, namun sebelum dilantik dilakukan pembekalan bagi calin anggota Bamus digelar diruang pertemuan Camat Sungai Pagu, Rabu (15/3/2023). 


Camat Sungai Pagu Ibrahim dalam arahnya mengatakan, dengan adanya keterlambatan proses pemilihan Bamus ditujuh nagari, diakui kecamatan Sungai Pagu saat ini tertinggal dari segala sisi. 


Kalau sudah masuk dalam arena Bamus dinagari mau tidak mau harus menyesuaikan diri dan laksanakan tugas untuk membangun nagari. 


Bamus merupakan DPRD terendah demgan tugas tugas yang sudah diatur dalam undang undang pemerintahan nagari, setidaknya hampir sama dengan undang undang di DPRD yaitu pengawasan, membuat perda serta mengawasi dan anggaran. 


Pemerintahan nagari tidak main main, anggaran dinagari itu lehih besar dari anggaran kecamatan, bagaimana Bamus dan wali nagari bisa memanfaatkan anggaran ini untuk kemajuan pembangunan dinagari. 


Diakui selama ini banyak Bamus dan wali nagari yang berseberangan, kedepan jangan ini terjadi lagi, kaoan lagi mau membangun, kemajuan sebuah nagari tergatung pada Bamus. (Abg)