Turis Dilarang Rental Motor di Bali, Wajib Pakai Kendaraan Travel Agent -->

Iklan Atas

Turis Dilarang Rental Motor di Bali, Wajib Pakai Kendaraan Travel Agent

Senin, 13 Maret 2023

Turis asing terjaring razia naik motor tanpa helm di kawasan Canggu, Badung. 


Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster geram dengan ulah wisatawan asing yang berkendara melanggar aturan lalu lintas. Koster melarang rental kendaraan menyewakan motor kepada para wisatawan asing.


"Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," kata Koster dalam konferensi pers di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Minggu (12/3/2023), sebagaimana dikutip iNews.id.


Koster mengatakan, wisatawan asing harus bepergian menggunakan mobil dari travel agent.


Diakui Koster, kebijakan ini karena banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh wisatawan asing saat berkendara di Bali.


Data Polda Bali mencatat pelanggaran yang dilakukan mulai dari tidak pakai helm, tidak memiliki lisensi berkendara, hingga tidak etis saat berkendara seperti tidak memakai pakaian.


Menurut Koster, kebijakan ini berlaku mulai tahun ini untuk membenahi sistem pariwisata Bali yang tidak hanya berorientasi pada jumlah wisatawan yang datang, tapi juga mempertahankan pariwisata yang berbudaya.


"Kami sedang berbenah. Pada waktu pandemi tidak berlaku itu karena turisnya enggak ada. Sekarang (turis) mulai ditata," tutur Koster. (*)