.

Istanbul, FajarSumbar.Com -Dalam rangka menuju World Class University, Universitas Negeri Padang (UNP) tengah gencar menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi kelas dunia, salah satunya adalah dengan Istanbul Gedik University (2/03/2023). 

Di kutip melalu berita tanamonews.com, program kerjasama yang ditandatangani oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD dan Rektor Istanbul Gedik University Prof. Ahmet Kesik, Ph.D tersebut, kedua Perguruan Tinggi setuju untuk bekerja sama dalam kegiatan pertukaran mahasiswa dan dosen dalam program Erasmus+. 

Dalam melaksanakan kerjasama, baik UNP maupun Istanbul Gedik University berkomitmen untuk memenuhi persyaratan kualitas yang tertera pada Piagam Erasmus untuk Pendidikan Tinggi terkait dengan organisasi dan pengelolaan mobilitas mahasiswa dan dosen. 

Pada dokumen Bilateral Inter-Institutional Agreement tersebut, telah disusun secara mendetil jadwal, subject area dan jumlah mahasiswa/ dosen yang akan mengikuti program pertukaran, baik dari UNP ke Istanbul Gedik University maupun sebaliknya hingga tahun 2029 nanti.

Program kerjasama ini dijajaki oleh Rektor UNP saat diundang untuk menghadiri 8th annual Eurasia Education Summit (EURIE) yang dilaksanakan di Istanbul, Turki. EURIE Summit adalah konferensi dan pameran pendidikan internasional tahunan, yang mempertemukan para pengelola sektor pendidikan tinggi terkemuka di kawasan Eropa dan Asia. 

EURIE Summit memberikan kesempatan kepada organisasi yang diundang untuk saling membangun kolaborasi akademikdan membahas topik-topik penting terutama dalam hal internasionalisasi dan manajemen perguruan tinggi. Pada acara ini, hadir lebih dari 2.500 pengelola pendidikan dari seluruh dunia. (*)