3 Tahun Ditutup, Pemda Tanah Datar Kembali Gelar Shalat Ied di LCM -->

Iklan Atas

3 Tahun Ditutup, Pemda Tanah Datar Kembali Gelar Shalat Ied di LCM

Sabtu, 22 April 2023

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 H di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Jum'at (21/4) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Setelah tiga tahun ditutup akibat dilakukan renovasi, akhirnya hari ini Jumat (21/4/2023) ribuan umat Islam di sekitar Kota Batusangkar, kembali padati Lapangan Cindua Mato (LCM), untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah. 


Setelah dibukanya LCM beberapa waktu lalu, tahun ini Pemkab Tanah Datar memutuskan untuk kembali melaksanakan Shalat Ied di Lapangan Cindua Mato. Dan keputusan ini disambut baik oleh masyarakat, dibuktikan dengan tumpah ruahnya jamaah, yang memilih melaksanakan Shalat Ied di lapangan tersebut. 


Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan, bahwa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh umat Islam, sejak 1 Ramadhan hingga bulan Syawal, merupakan perjalanan spiritual yang tidak akan didapatkan di bulan-bulan lainnya. 


Dikatakannya, selama bulan Ramadhan umat Islam telah melaksanakan banyak ibadah, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangkan pada bulan Syawal juga merupakan moment spiritual lainnya, yang mendekatkan hubungan sesama manusia. 


"Ketika bulan Syawal datang mari kita bersihkan hati, hilangkan rasa benci dan mari kita jalin silaturahmi. Mari kita pertahankan segala yang baik yang kita jalani selama Ramadhan, serta pada bulan Syawal ini kita lanjutkan mengisi hari-hari kita, dengan ibadah yang semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT dan kita jaga silaturahmi yang mendekatkan kita dengan sesama manusia. Semoga dengan kita menjaga hablumminallah dan hablumminannas, kita akan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat," ujar Eka Putra. 


Selanjutnya, Bupati juga mengajak para perantau yang saat ini banyak pulang kampung, untuk ikut menyaksikan event-event yang akan digelar dalam waktu dekat ini di Tanah Datar, seperti Selaju Sampan di Tigo Jangko, Alek Nagari Andaleh, Pesona Kacang Barandang nagari Sawah Tangah, Rang Sungayang Mangiak Alek dan Alek Nagari Pacu Kuda Open Race dan Tradisional yang akan digelar di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak.


"Mari kita sebarkan informasi positif ini, semoga event kita akan berjalan dengan sukses dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di nagari-nagari tersebut," ajaknya. 


Diakhir sambutannya, Bupati juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat, jika dalam upayanya memajukan Tanah Datar belum bisa memenuhi harapan masyarakat. "Kami mohon seluruh masyarakat terus mendoakan kami agar diberikan kesehatan dan kemudahan didalam upaya membangun kampung halaman yang sama-sama kita cintai ini," harapnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar selaku Ketua PHBI mengatakan, bahwa pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun ini mempunyai makna tersendiri, karena bisa kembali dilaksanakan di LCM. "Sejak dilakukan renovasi sejak tahun 2019 yang lalu, sekarang lapangan ini sudah bisa kita pakai secara efektif. Alhamdulillah sejak dibuka sudah banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di LCM, termasuk tadi malam kita menyelenggarakan festival takbiran tingkat kabupaten Tanah Datar," sampainya. 


Dikatakan Wabup, terkait adanya perbedaan didalam menetapkan datangnya tanggal 1 Syawal tahun ini, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Ied bagi umat Islam yang menganut perhitungan hisab maupun dengan melihat hilal, yaitu tanggal 21 dan 22 April 2023.


"Jadi PHBI Tanah Datar akan memfasilitasi pelaksanaan shalat Ied pada hari ini dan juga besok. PHBI juga telah berupaya merangkul seluruh masjid dan mushalla, yang berada di sekitar Kota Batusangkar, untuk bersama-sama melaksanakan Shalat Ied di LCM ini," ujarnya. 


Wabup Richi juga sampaikan, pada pelaksanaan Shalat Ied hari ini yang akan berlaku sebagai Khatib adalah DR. H. Ismail Novel, dan yang akan menjadi Imam adalah Yuliardi, S. Pdi yang merupakan Qori dari Tanah Datar. 


Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi, Dt. Bungsu, 

menyampaikan ucapan selamat datang kepada para perantau, yang telah sampai di kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan sanak familinya. 


"Setelah satu bulan penuh kita menjalankan ibadah puasa kini saatnya kita merayakan kemenangan bersama keluarga. Kita patut bersyukur hari ini kita semua bisa berkumpul disini, karena pada Idul Fitri sebelumnya pelaksanaan shalat Ied dibatasi oleh aturan pemerintah akibat pandemi covid 19. Begitu juga dengan larangan mudik, sehingga para perantau kita tidak bisa pulang kampung. Alhamdulillah, pada Idul Fitri tahun ini sudah tidak ada lagi larangan mudik, sehingga semuanya bisa berkumpul bersama keluarga, sanak famili dan teman-temannya di kampung halaman," ujar Rony Mulyadi. 


Selanjutnya, secara pribadi maupun selaku Ketua DPRD Tanah Datar, H. Rony Mulyadi menyampaikan, bahwa Idul Fitri tahun ini merupakan hal yang sangat spesial baginya, karena bisa bersama-sama melakukan Shalat Ied di LCM Batusangkar. 


"Alhamdulillah, sejak diresmikan oleh pak Bupati lapangan ini, bisa kembali dimanfaatkan untuk pelaksanaan Shalat Ied dan inilah yang diharapkan oleh masyarakat. Dan Saya selama menjabat sebagai Ketua DPRD, baru kali ini melaksanakan Shalat Ied di LCM yang kita cintai ini," sampainya. 


Diakhir sambutannya, H. Rony juga tak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih, kepada PHBI Tanah Datar yang telah menggelar Shalat Idul Fitri 1444 H/2023 M, di LCM ini. (F12)