Aksi Heroik Petugas dan Warga Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Lepang Klungkung -->

Iklan Atas

Aksi Heroik Petugas dan Warga Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Lepang Klungkung

Rabu, 05 April 2023

Aksi Heroik Petugas dan Warga Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Lepang Klungkung.



Klungkung- Aksi heroik ditunjukkan para warga mengevakuasi ikan paus terdampar di pesisir Pantai Lepang Klungkung, Bali. Paus dengan kira-kira berat 3 ton dan panjang 10 meter berhasil dievakuasi warga tanpa bantuan alat berat.


Dari video yang beredar tampak paus itu masih mengibahaskan ekornya. Satu warga mengecek kondisi paus tersebut kemudian memanggil orang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Warga bersama petugas pantai pun berusaha mengevakuasi dengan mendorong tubuh ikan ketengah laut. Beruntung air laut berangsur pasang sehingga proses evakuasi terbantu dan berjalan dengan lancar. Ikan paus itu ditemukan dalam kondisi lemas dan penuh luka yang diduga tergores batu karang yang terdapat dihamparan pantai.


"Paus ini terdampar dari jam 04.30 dari pagi dan tim kami tadi sudah bekerja untuk evakuasi ke dalam laut lagi. Syukurlah hari ini ikan pausnya sudah masuk ke laut," ucap Kalak BPBD Klungkung, I Putu Widiada, Rabu (5/4/2023).


Belum diketahui penyebab ikan raksasa ini bisa terdampan. Bahkan petugas belom mengetahui jenis paus yang terdampar tersebut.


"Tadi ada luka-luka tapi mudah-mudahan tidak mempengaruhi kondisi paus itu kembali ke habitatnya," katanya.(*)