Api Bergejolak Lagi di Solsel, 1 Unit Rumah Ludes -->

Iklan Atas

Api Bergejolak Lagi di Solsel, 1 Unit Rumah Ludes

Selasa, 11 April 2023

Kondisi rumah salah seorang karyawan PT Mitra Kerinci Sungai Lambai, Sangir usai kebakaran menjelang berbuka puasa.


Solsel, fajarsumbar.com - Satu unit rumah di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir,  Solok Selatan, Senin (10/4/2023) sekira pukul 15.30 wib sore terbakar.


Rumah semi permanen itu ludes dimamah sijago merah. Peristiwa kebakaran itu menjelang bedug berbuka puasa. Langit di kawasan Jorong Sungai Lambai kelihatan hitam pekat, dan memerah. 


Musibah kebakaran ini kembali terjadi di Kabupaten Solok Selatan untuk ketiga kalinya di bulan Ramadhan. 


"Tidak ada korban jiwa atas musibah kebakaran ini, namun satu unit rumah semi permanen milik Sefti Maizola 29 tahun tidak bisa diselamatkan dan hangus terbakar atas peristiwa ini," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP dan Dankar Solok Selatan, Arnonsyah, usai kejadian.


Ketika kebakaran berlangsung, pihak pemilik rumah sedang bekerja di pabrik teh. Sayang seluruh peralatan rumah tangga korban tidak dapat diselamatkan masyarakat, disaat kejadian diketahui api sudah membara di seluruh ruangan. 


Dengan kondisi rumah kayu, api dengan cepat menjalar ke setiap ruangan.


"Tidak satupun peralatan rumah tangga dapat di selamatkan dalam musibah kebaran hari ini," terangnya.


Arnon menyebut jarak tempuh posko damkar dari Padang Aro sekitar 12 menit menuju lokasi kebakaran. Tim damkar diturunkan sebanyak 7 orang.


Penyebab kebakaran tersebut diduga api berasal dari dapur rumah sesuai keterangan dari saksi-saksi awal yang melihat pertama peristiwa kebakaran itu.


"Ditaksir kerugian atas musibah kebakaran yang dialami oleh karyawan pebrik teh itu sekitar Rp150 juta," bebernya.


Diberitakan sebelumnya, satu unit rumah gadang dan 3 unit rumah pribadi dilalap sijago merah di Jorong Bariang Kapalo Koto, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu. Kabakaran yang terjadi di kawasan Saribu Runah Gadang atau dilokasi Kampung Adat Terpopuler di Indonesia.


Kemudian kebakaran kembali terjadi Jorong Sungai Kapur, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. 4 unit rumah hangus terbakar dan sekarang satu unit rumah semi permanen di lokasi perusahaan teh di Jorong Sungai Labai, Kecamatan Sangir. (Abg)