BAZNAS Kota Pariaman Gelar Bimtek Terhadap Pengurus UPZ Pada 71 Desa/Kelurahan -->

Iklan Atas

BAZNAS Kota Pariaman Gelar Bimtek Terhadap Pengurus UPZ Pada 71 Desa/Kelurahan

Kamis, 06 April 2023

Ketua BAZNAS Kota Pariaman, Zalman Zaunit bersama pengurus lainya saat mendampingi, Sekdako Pariaman, Yota Balad dalam menyerahkan penghargaan kepada UPZ. Foto Heri 



Pariaman
- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pariaman lakukan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap pengurus Mesjid dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada 71 Desa dan Kelurahan Se-Kota Pariaman yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman. Selasa, 4/04/2023. 


Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit dalam kesempatan itu menyampaikan himbaun kepada masyarakat agar menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ yang telah dibentuk disetiap Desa/Kelurahan, Kota Pariaman. 


Ia menyebutkan, agar masyarakat untuk terus menebar kebaikan sesama muslim dengan selalu menyedekahkan harta, berzakat pada lembaga resmi milik Pemerintah yakni BAZNAS Kota Pariaman. 



Hal ini tentu beralasan, lewat lembaga resmi maka dana yang dihimpun dapat dialokasikan secara profesional, sehingga ketika proses distribusi kepada penerima (Mustahik) bisa dipertanggung jawabkan. 




BAZNAS Kota Pariaman menargetkan, setiap satu kepala keluarga (KK) satu zakatnya Melalui UPZ disetiap Desa/Kelurahan. Saat ini, katanya di Kota Pariaman ada 35 ribu KK, jika dikalkulasikan satu KK satu zakatnya disetiap warga di Kota Pariaman (35 ribu KK x Rp 35.000/1 orang) maka ada jumlah dana zakat yang terkumpul sekitar Rp 1,2 Milyar.



Jika terkumpul sebanyak Rp 1,2 Milyar, maka BAZNAS Kota Pariaman juga akan menyalurkan kepada upz dan diberikan pula kepada masyarakat juga nantinya. Ulas, Zalman Zaunit 




"Sejak Tahun kemarin, hingga tahun 2023 Peningkatan zakat di BAZNAS Kota Pariaman cukup naik secara dratis. Adapun sumber Zakat 90% dari ASN Pemko Pariaman dan selebihnya dari luar itu" tutur Ongga mengakhiri. (Heri