Bupati Agam Harapkan 100% UHC di Agam -->

Iklan Atas

Bupati Agam Harapkan 100% UHC di Agam

Kamis, 13 April 2023
.


Bukittinggi - Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM menghadiri Forum Komunikasi Tahap 1 Kabupaten Agam tahun 2023 dengan BPJS Kesehatan di Mess Pemda Belakang Balok, Kamis (13/4).


Didalam forum diskusi tersebut Kepala BPJS cabang Bukittinggi, Henny Nursanti mengucapkan terimakasih kepada Bupati Agam yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan forum tahap I.


Dikatakannya, Forum ini digelar dalam rangka, mengevaluasi sinergitas Pemkab Agam dan membahas tentang peningkatan jumlah kepesertaan BPJS atau Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Agam.


Dijelaskannya, bahwa Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan ysng memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.


“Saat ini jumlah pencapaian kepesertaan BPJS Kesehatan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Agam mencapai 89%,”ujarnya.


Sedangkan, target untuk kepesertaan Jaminan Kesehatan tingkat provinsi/kabupaten/kota untuk satu wilayah yaitu sebesar 95% penduduk.


Selain itu, ia menyebutkan dari 92 nagari di Kabupaten Agam terdapat 14 nagari yang menyandang sebagai nagari UHC dengan prediket 95-100% diantaranya, Nagari Batu Kambing, Sitalang, Sitanang, Simarasok.


“Kemudian, Nagari Sungai Landia, Geragahan, Matua Hilia, Parik Panjang, Koto Rantang, Nan Tujuah, Pasia Laweh, Sipinang, Tigo Koto Silungkang dan Nagari Tanjung Sani,” sebutnya.


Selain itu, Henny berharap melalui forum ini akan ada ide-ide untuk meningkatkan presentasi kepesertaan BPJS di Kabupaten Agam.


Menanggapi hal tersebut, Bupati Agam meminta kepada pihaknya untuk memikirkan langkah konkrit dengan memanfaatkan berbagai peluang.


“Jika bisa 100% kepada tidak. Kita dapat memanfaatkan segala kegiatan Pemerintah Kabupaten Agam untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tetang pentingnya menjadi perserta BPJS,” katanya.


Adapun kegiatan yang dapat manfaatkan itu sambungnya seperti, acara pulang bersama perantau agam, corporate social responsibility (CSR) dan imbauan kepada masyarakat.


Selanjutnya, Bupati Agam, memberikan apresiasi kepada 14 nagari yang telah menjadi nagari dengan prediket lebih dari 95% masyarakat terdaftar BPJS ksehatan.


“Mudah-mudahan dari 14 nagari ini akan menjadi percontohan bagi nagari lainnya sehingga predikat Kabupaten Agam dari 89% meningkat menjadi 100% sehingga dapat terwujudnya agam yang sehat dan masyarakat sejahtera”.harapnya.(yanto)