Bupati, Wakil Bupati Solsel Menyerahkan Bantuan Pangan pada Warga Nagari Pakan Rabaa Utara -->

Iklan Atas

Bupati, Wakil Bupati Solsel Menyerahkan Bantuan Pangan pada Warga Nagari Pakan Rabaa Utara

Jumat, 28 April 2023

Bupati, Wakil Bupati Solok Selatan saat menyerahkan bantuan pangan kepada warga Nagari Pakan Rabaa Utara. (Abg)


Solsel, fajarsumbar.com--Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP.CBP)tahun 2023 untuk warga Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Oarik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selstan (Solsel). 


Penyerahan bantuan perekonomian untuk Nagari Pakan Rabaa Utara ini langsung diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Jumat (28/4/2023). 


Wali NagarinPakan Rabaa Utara Gusrizal dalam laporanya mengatakan. Nagari Pakan Rabaa Utara dan Nagari persiapan sebanyak 750 penerima KPM dari 1209 KK. 40 persen masuk dalam skema bantuan PKH, BPMT dan BLT


Dinagari ini 90 persen masyarakat petani, secara ekonomi beberapa tahun belakangan ini sangat berdampak, penghasilan petani kami selama ini adalah gardamunggu sangat miris karena harga murah dan hasilnyapun tidak maksimal, selain itu hasil pertanian lainya juga sangat menurun. 


Dengan adanya bantuan beras hari ini sangat membantu menopang perekonomian masyarakat di Nagari Pakan Rabaa Utara ini. 


Perlu kami sampaikan pada kesempatan ini Data standing berdasarkan data di KPM nagari hanya dua data, yang keluar dari data statistik mencapai 14 orang, ini membuat nilai daerah kami akan berdampak pada indek desa membangun, dan berharap kepada pihak yang mendata, agar data itu betul betul akurat. 


Bupati Solok Selatan Khairunas dalam rahanya mengatakan. Dengan adanya bantuan ini diharapkan kepada masyarakat penerima agar dapat mempergunakan bantuan sesuai kebutuhan. 


Didaerah kita hanya masyarakat hanya miskin ekonomi saja dibandingkan dengan daerah besarlainya, daerah kita banyak memiliki wilayah dan lahan oertanian, perkebunan yang bisa diolah untuk meningkatkan perekonomian, dan ini merupakan tanggung jawab secara umum bupati sebagai pimpinan untuk mencarikan solusinya. 


Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Solok Selatan, saya mengucapkan terimakasih kepada Badan Pangan Nasional yang telah memberikan bantuan berupa 10 kg beras selama tiga bulan, kepada kurang lebih 11 Ribu Keluarga Penerima Manfaat di Kabupaten Solok Selatan. 


Tak lupa pula saya sampaikan apresiasi kepada PT. Pos Indonesia yang telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam penyaluran bantuan pangan ini, sehingga dapat serahkan dan diterima serta dimanfaatkan oleh masyarakat.


Secara umum di Negara Indonesia saat ini akan berbagai dampak yang dihadapi masyarakat untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Dan juga terjadinya lonjakan harga dan inflasi pada bulan-bulan tertentu, terutama pada sat bulan ramadhan dan hari raya idul fitri, hal ini tentunya akan menimbulkan kesulitan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Namun demikian, Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi serta meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan dalam berbagai bentuk. Salah satunya bantuan yang kita serahkan pada hari ini.


Saya berharap mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban para penerima manfaat selama beberapa waktu kedepan. Kepada Camat, Wali Nagari, Wali Jorong agar betul-betul mendata dan melakukan Validasi agar yang menerima bantuan adalah masyarakat yang betul-betul sesuai dengan kriteria yang disyaratkan sebagai penerima manfaat.


Karena Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah akan terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk lainnya tentu yang terpenting adalah data penerima pada masing-masing Jorong, Nagari hingga Kecamatan. (Abg)