Ekos Albar Terpilih Sebagai Wawako Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024 -->

Iklan Atas

Ekos Albar Terpilih Sebagai Wawako Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Rabu, 05 April 2023
.


Padang - Teka-teki siapa yang akan menjabat Wakil Wali Kota Padang yang sempat kosong selama dua tahun terakhir kini terjawab sudah. 


Jabatan itu bakal diisi oleh politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Ekos Albar. Hal itu setelah dirinya terpilih dalam pemilihan oleh DPRD Kota Padang.


Pemilihan Wakil Wali Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024 itu pun diadakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Rabu (5/4/2023) sore.


Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani didampingi para Wakil Ketua dan Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar.


Selain diikuti para anggota DPRD Kota Padang, paripurna ini juga diikuti unsur Forkopimda serta pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait lainnya baik secara langsung maupun melalui virtual.


Dari hasil pemilihan Ekos pun mampu unggul secara signifikan dari pesaingnya Hendri Susanto selaku utusan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 


Dari 45 anggota DPRD Kota Padang, 36 suara ditujukan kepada Ekos, sementara Hendri Susanto meraup 9 suara.


.


Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani usai membacakan berita acara hasil pemilihan mengatakan, dengan terisinya jabatan Wakil Wali Kota Padang yang kosong sejak 7 April 2021 itu diharapkan semakin meningkatkan kinerja Pemko Padang ke depan.


Ia juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia pemilihan Wakil Wali Kota Padang yang telah bekerja keras melaksanakan semua tahapan pemilihan.


"Kita DPRD Kota Padang selanjutnya akan menyiapkan hal-hal administratif untuk pelantikan Wakil Wali Kota Padang. Berkas-berkas administratif akan diusulkan untuk segera dibuatkan surat keputusan (SK) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sumatera Barat (Sumbar)."


”Kita harapkan SK pelantikan segera keluar, dan pelantikan Wakil Wali Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024 ini dapat dilakukan oleh bapak Gubernur Sumbar sesegera mungkin,” harap Syafrial.


Sementara itu, saat ditemui wartawan Ekos Albar mengaku siap mendukung penuh Wali Kota Padang dalam menjalankan sisa masa jabatannya.


"Insya Allah saya akan berjuang membantu Pak Wali dan Pemko Padang untuk mewujudkan visi dan misi Kota Padang serta 11 program unggulan (progul) bagi masyarakat Kota Padang. Untuk mewujudkan itu semua juga tidak terlepas dari dukungan legislatif tentunya," ujar pria kelahiran 26 Agustus 1971 Batusangkar itu.


Pada saat yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar mengaku menyambut baik telah terisinya jabatan Wakil Wali Kota Padang.


"Keberadaan Wakil Wali Kota sangat penting karena akan memperkuat dan menambah semangat Pemko Padang dalam melayani kebutuhan masyarakat dan memajukan pembangunan di Kota Padang secara optimal," tukuk Sekda mewakili Wali Kota Padang di kesempatan itu.


Seperti diketahui, terkait jabatan Wakil Wali Kota Padang memang sempat kosong sejak ditinggalkan Hendri Septa yang dilantik menjadi Wali Kota Padang pada 7 April 2021. 

Hendri Septa mengisi posisi yang ditinggalkan Mahyeldi Wali Kota sebelumnya yang dilantik sebagai Gubernur Sumbar periode 2021-2024. (*)