Erling Haaland Cetak Rekor usai Bobol Gawang Arsenal, Striker Man City Lampaui Ronaldo -->

Iklan Atas

Erling Haaland Cetak Rekor usai Bobol Gawang Arsenal, Striker Man City Lampaui Ronaldo

Kamis, 27 April 2023

 

Striker Manchester City, Erling Haaland semakin buas di Liga Inggris 2022/2023. Terbaru dia mencetak gol ke gawang Arsenal dan sukses membawa timnya menang 4-1 di Stadion Etihad, Kamis (27/4/2023).


Manchester  – Kemenangan Manchester City atas Arsenal dengan skor 4-1 dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 turut mengiringi sejarah yang berhasil diukir Erling Haaland. Pasalnya, bomber berpaspor Norwegia itu melewati rekor gol sejumlah legenda sepak bola dalam torehan semusim.


Man City tampil solid saat menjamu Arsenal di Etihad Stadium pada Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. Tim berjuluk The Citizens itu berhasil unggul 2-0 di babak pertama lewat gol yang dicetak Kevin De Bruyne (7’) dan John Stones (45+1’).


Usai turun minum, De Bruyne mampu mengemas gol keduanya di menit ke-54. Kemudian Arsenal baru bisa membuka keran golnya lewat Rob Holding pada menit ke-86. Lalu di penghujung pertandingan, Haaland sukses menutup pesta empat gol Man City. Satu gol yang dicetak Haaland ke gawang Arsenal itu membuat koleksi golnya di Liga Inggris musim ini menjadi 33 gol. Jumlah gol tersebut sekaligus sukses membuatnya mencetak sejarah, sebagaimana dikutip iNews.id. 


Pasalnya, Haaland jadi pemain pertama yang mencetak 33 gol selama satu musim di Liga Inggris. Mantan pemain Borussia Dortmund itu mampu melampaui rekor sebelumnya yang pernah diukir Mohamed Salah dengan koleksi 32 gol pada musim 2017/2018. Selain Salah, Haaland juga berhasil melewati rekor Luis Suarez (2013/2014, Cristiano Ronaldo (2007/2008) dan Alan Shearer (1995/1996). Di mana ketiga pemain itu memiliki koleksi 31 gol.


Rekor ini merupakan rekor baru Liga Inggris setelah memakai format 38 pertandingan. Masih ada tujuh sisa laga yang akan dilakoni Haaland bersama Man City. Bukan tidak mungkin bomber berusia 22 tahun itu akan terus mempertajam rekor golnya.


Man City sendiri masih memiliki tabungan 7 laga tersisa. Haaland jelas memiliki peluang mencetak gol lagi dan memecahkan rekor terdahulu. Adapun rekor pencetak gol terbanyak dalam semusim masih dipegang Andrew Cole (Newcastle United, 1993-1994) dan Alan Shearer (Blackburn Rovers, 1994/1995) yang sama-sama mencetak 34 gol. Haaland bisa dicap hebat karena kedua pemain tersebut bisa mencetak 34 gol saat Liga Inggris masih berformat 42 laga, lebih banyak empat laga ketimbang sekarang.


Terlepas dari sejarah yang berhasil diciptakan Haaland, kemenangan atas Arsenal juga sekaligus membuat Man City membuka asa yang cukup lebar untuk merebutkan gelar juara. Pasalnya saat ini The Citizen mengoleksi 73 poin, hanya terpaut tiga angka saja dari The Gunners -julukan Arsenal. Peluang Man City cukup terbuka lebar karena mereka masih menyisakan tujuh pertandingan. Smeentara Arsenal hanya tinggal memiliki lima pertandingan sisa yang akan dilakoni di musim ini.(*)