Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Evakuasi Bagi 385 WNI di Sudan -->

Iklan Atas

Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Evakuasi Bagi 385 WNI di Sudan

Jumat, 28 April 2023

Garuda Indonesia bantu mengevakuasi 385 WNI dari Sudan.



Jakarta- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi 385 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan imbas konflik yang memanas di negara itu.  Penerbangan evakuasi WNI yang merupakan komitmen penuh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI tersebut, tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 05.46 WIB melalui pemberangkatan Jeddah pada pukul 16.24 waktu setempat.


Sebelumnya secara bertahap para WNI tersebut dievakuasi melalui jalan darat dari Ibu kota Sudan, Khartoum ke Port Sudan kemudian dilanjutkan perjalanan ke Jeddah baik melalui jalur laut dan udara. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengungkapkan sebanyak 385 Warga Negara Indonesia telah tiba dengan selamat di tanah air pada Jumat (28/4/2023) pagi WIB, setelah melalui perjalanan panjang dari Khartoum, ibu kota Sudan menuju Jeddah yang kemudian melanjutkan perjalanan jalur udara menuju tanah air, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Penerbangan evakuasi ini menjadi wujud kolaborasi yang dinamis antara Pemerintah serta seluruh stakeholder terkait dalam memastikan upaya pemulangan WNI berjalan dengan aman dan lancar," ujar Irfan, Jumat (28/4/2023). Proses pemulangan WNI ini dioperasikan dengan penerbangan GA 991 yang diterbangkan dari Jeddah dengan armada B777-300ER. Adapun penerbangan evakuasi tersebut terdapat 15 awak pesawat yang bertugas dan terdiri dari 3 cockpit crew, 1 FSM dan 13 awak kabin.


Irfan mengungkapkan, penerbangan evakuasi merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam menjalankan mandat sebagai national flag carrier yang salah satunya diwujudkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan bagi masyarakat Indonesia yang akan kembali ke tanah di tengah situasi konflik yang terjadi saat ini di Sudan. "Memiliki arti tersendiri bagi kami kembali dipercaya mengemban misi kemanusiaan dalam mendukung evakuasi 385 WNI ini. 


Merupakan sebuah keniscayaan bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbanganan nasional untuk turut ambil bagian dalam peran aktif negara dalam memberikan perlindungan bagi warganya, salah satunya melalui misi pemulangan WNI dari Sudan yang tentunya perlu didukung oleh aksesibilitas transportasi udara," tutur Irfan.  


Dia menambahkan, prsedur evakuasi WNI tersebut ini telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan mobilitas antarnegara utamanya proses pemulangan WNI untuk kemudian dapat diterbangkan kembali ke tanah air melalui Jeddah.(*)