Hadapi Suhu Panas, Dokter Sarankan Kurangi Keluar dan Banyak Minum! -->

Iklan Atas

Hadapi Suhu Panas, Dokter Sarankan Kurangi Keluar dan Banyak Minum!

Rabu, 26 April 2023
Suhu panas


SUHU panas terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, hal ini tentu tidak lepas dari kondisi alam saat ini. Kini gelombang panas terjadi di wilayah Asia.


Dengan ini, perlu ada langkah-langkah diperhatikan agar Anda tetap sehat di tengah suhu panas ekstrim. Menurut Dr. Muhammad Fajri Adda'I, Dokter Relawan Covid-19 dan Edukator Kesehatan mendorong agar tetap mengontrol aktivitas di luar ruangan.


"Hati-hati, hindari panas, kedua pakai sunblock, tapi ini kembali lagi tergantung kalau panas banget ya enggak bisa apa-apa hanya bisa hindari ruangan terbuka saja," ujar Dr Fajri kepada MNC Portal.


Menurutnya karena suhu sedang sangat panas, ada baiknya memilih berada dalam ruangan, dan tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kemudian, juga tetap menggunakan sunblock sebagai perlindungan lebih untuk kesehatan kulit.


Ditambah, juga tetap mengonsumsi makanan sehat agar menjaga sistem kekebalan tubuh imunitas). Bahkan, ia juga mengatakan kalau anda perlu selalu mengecek air seni sebagai kontrol diri (pemenuhan cairan tubuh).


"Minumnya yang cukup kalau bisa sampai 2 liter, lihat juga air seni kita, dan istirahat cukup itu penting banget untuk memulihkan kondisi tubuh," jelas Dr Fajri.


Sehubungan dengan ini, Kementerian Kesehatan juga meminta masyarakat untuk waspada ketika berada di luar ruangan dengan tap menjaga agar tubuh tetap sehat, dan sebagaimana juga dikutip Okezone.com.


Serta mewaspadai beberapa gejala, keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat, kulit terlihat pucat, kram pada kaki maupun abdomen, mual, muntah, pusing, dan urin yang sedikit dan berwarna kuning pekat.


Disarankan, apabila muncul gejala tersebut, dinginkan tubuh dengan kain basah atau sponge basah pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya serta banyak minum air. Jika masih bergejala, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan.


"Memang cuaca panas beberapa hari ini dan kedepan sedang tidak biasa. Untuk itu mari kita ikuti tips agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau sering berada diluar ruangan,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril dalam Sehat Negeriku laman Kemenkes.(*)