Harga Kebutuhan Pokok Naik Tipis -->

Iklan Atas

Harga Kebutuhan Pokok Naik Tipis

Sabtu, 15 April 2023

 

Pedagang daging sapi.

Padang Panjang, fajarsumbar.com Sepanjang minggu ketiga Ramadan, perkembangan harga pangan di Padang Panjang relatif stabil. Pasokan pun relatif cukup.


Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga, S.S, M.Si, Jumat (14/4) mengatakan, minggu kedua April ini hanya 10 komoditas yang alami fluktuasi. Terdiri tiga komoditas mengalami penurunan harga dan tujuh komoditas naik. 


"Walaupun komoditi yang mengalami kenaikan harga lebih banyak, namun berita yang cukup menggembirakan adalah kenaikan tersebut tidak signifikan atau hanya kenaikan tipis saja," ujarnya.


Dikatakan, harga beras sudah normal dan stabil, setelah sempat naik tipis di awal April. Beredarnya beras medium SPHP di Padang Panjang diperkirakan mempengaruhi permintaan beras kualitas 1 dan 2 sehingga dapat kembali normal.


Untuk harga  tepung dan gula yang biasanya cenderung mengalami kenaikan saat Ramadan, sampai minggu ini masih stabil dan  tersedia cukup. 

Demikian juga dengan harga daging segar.


"Harga minyak goreng juga masih melanjutkan kestabilannya sejak awal April. Baik kemasan sederhana, minyak goreng curah maupun premium. Barang tersedia cukup di pasar," jelasnya.


Harga cabai merah, yang minggu lalu sempat naik tipis, minggu ini kembali turun.


"Untuk cabai ini kami selalu mengimbau agar para petani melakukan pengolahan lanjutan pada sebagian produksi cabai merah, menjadi cabai giling, cabai kering (bon cabai), saus cabai. Dengan demikian umur ekonomis cabai akan dapat diperpanjang dan nilainya pun dapat lebih meningkat," katanya.


Bawang merah kembali mengalami kenaikan tipis. Harganya sudah dua minggu berturut-turut mengalami kenaikan, namun masih jauh dari Harga Acuan Pedagang (HAP) yang sebesar Rp36.500. 


"Petani bawang merah diimbau untuk melakukan pengolahan lanjutan terhadap Bawang Merah sebelum dipasarkan. Menjadi bawang goreng, bawang merah giling, kerupuk bawang dan lain sebagainya. Sehingga umur ekonomisnya dapat semakin lama dan nilainya pun dapat lebih baik," ajaknya.


Harga telur ayam ras dalam minggu ini turun tipis dan persediaan cukup. Sedangkan harga daging ayam broiler minggu lalu turun tipis, minggu ini naik tipis. 


"Hal ini patut kita syukuri bersama, karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kedua komoditi ini termasuk yang mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi di pertengahan Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri," katanya.


Harga komoditi lainnya yang alami kenaikan di antaranya cabai rawit dari Rp28.125/kg menjadi Rp29.000/kg. Bawang putih dari Rp30.250/kg menjadi Rp30.750/kg. Kacang tanah dari Rp28.000/kg menjadi Rp28.250/kg. Seledri dari Rp18.000/kg menjadi Rp20.000/kg. Ikan kembung dari Rp60.000/kg menjadi Rp65.000/kg.


Sedangkan komoditi  yang alami turun harga di antaranya wortel dari Rp12.000/kg menjadi Rp10.000/kg. (syam)